logo batamtoday
Sabtu, 24 Februari 2024
Pasang Iklan


Tak Terima Gaji Dipotong, Puluhan Karyawan PT Yixin Teknologi Plastik Mogok Kerja
Kamis, 12-01-2023 | 13:08 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Buruh limbah plastik PT Yixin Teknologi Plastik, saat mogok kerja akibat pemotongan gaji sepihak, Kamis (12/1/2023). (Foto: Irwan Hirzal)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan karyawan PT Yixin Teknologi Plastik di Jalan Brigjen Katamso Km 6, nomor 5, Komplek Batam Cipta Industri, Kelurahan Tanjunguncang, Kota Batam, mengelar aksi mogok kerja.

Mereka melakukan aksi mogok kerja di depan gerbang pintu masuk perusahan yang bergerak di bidang limbah plastik. Mereka tidak terima selama 3 bulan belakangan ini gaji yang sudah disepakati dalam kontrak pekerja harian lepas (PHL) dipotong secara sepihak oleh manajemen.

"Sudah 6 hari kami melalukan aksi mogok kerja. Manajemen memberikan pemotongan secara sepihak tanpa ada persetujuan dari karyawan," kata seorang karyawan, Florida Paku, Kamis (12/1/2023).

Karyawan yang melakukan aksi mogok kerja merupakan pekerja bagian sortir sebanyak 38 orang. Setiap hari mereka mengalami pemotongan Rp 20 ribu apabila mereka tidak mencapai target yang diminta oleh manajemen.

Dalam satu hari mereka ditargetkan perusahan sebanyak 7 ball limbah plastik yang harus disortir sejak pukul 07.30 - 17.30 WIB. Namun belakangan banyak karyawan yang tidak bisa menyelesaikan target, hal itu disebabkan pekerjaan yang semakin sulit.

"Kadang jam istirahat makan siang itu kami gunakan hanya 15 menit untuk bisa mencapai target. Tetapi memang yang kami sortir tidak mudah. 1 ball itu bisa memakan waktu 3 jam," kata Gustian, karyawan lainya.

Mereka meminta perusahan membayar gaji karyawan sesuai kesepakatan awal perjanjian kerja sebesar Rp120 ribu. "Sejak awal masuk kerja tidak ada kesepakatan target gaji perhari Rp 120 ribu. Kami minta perusahan tidak ada melakukan pemotongan secara sepihak," ujarnya lagi Florida mengaku berkerja sejak perusahan itu berdiri 2019 silam.

Saat ini, beberapa perwakilan pekerja bersama anggota DPRD Batam, Safari Ramadhan dan didampingi aparat kepolisian Polsek Batuaji melakukan mediasi.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit