logo batamtoday
Minggu, 21 April 2024
JNE EXPRESS


Gakkum KLHK Hentikan Penimbunan Hutan Mangrove di Tembesi, Belasan Alat Berat Disegel
Senin, 09-10-2023 | 13:08 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Penimbunan belasan hektar hutan mangrove di di Kampung Tanjung Berikat, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, dihentikan Gakkum KLHK pada Kamis (5/10/2023). (Foto: Irwan Hirzal)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menghentikan aktivitas penimbunan belasan hektar lahan di Kampung Tanjung Berikat, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

Penimbunan lahan hutan mangrove ini diduga dilakukan pemegang Hak Pengelolah Lahan (HPL) PT Tunas Makmur Sukses sejak akhir 2022 lalu hingga akhirnya dihentikan dan belasan alat berat disegel petugas Gakkum KLHK pada Kamis (5/10/2023) lalu.

Kepala Gakkum KLHK Pos Kepri, Sunardi, saat dihubungi membenarkan penghentian aktivitas dan penyegelan alat berat di lokasi penimbunan hutan mangrove itu. "Penyegelan alat berat di lokasi terkait penimbunan hutan lindung dan penimbunan magrove," kata Sunardi, Senin (9/10/2023).

Sunardi mengaku belum bisa berkomentar banyak terkait penyegelan tersebut. "Semuanya masih dalam proses pemeriksaan tim," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan ada 11 alat berat dan 1 bulldozer yang disegel. Warga sekitar juga menuturkan sudah ada 3 unit alat berat excavator yang ditarik petugas dari lokasi pengerukan yang tak jauh dari penumbunan hutan mangrove.

"Dulu di kampung kami hanya ada 11 rumah. Kami sudah dibebaskan oleh perusahan. Aktivitas penimbunan itu sejak akhir tahun lalu 2022. Ada tiga alat berat yang ditarik ke luar lokasi oleh petugas," kata warga itu.

Editor: Gokli

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit