logo batamtoday
Sabtu, 24 Februari 2024
Pasang Iklan


Tradisi Kenduri Kampong Sehidang Setalam Bangkitkan Rasa Kebersamaan Masyarakat Karimun
Sabtu, 18-03-2023 | 19:00 WIB | Penulis: Fredy
 
Kenduri Kampong Sehidang Setalam Kabupaten Karimun. (Freddy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Setalam yang digelar Aliansi Budak Balai Bersatu dan Lembaga Adat Melayu Kabupaten Karimun di halaman rumah dinas Bupati Karimun berjalan sukses.

Dengan suasana penuh kebersamaan dan kekeluargaan, para undangan yang hadir baik pejabat maupun dari tokoh masyarakat dan kalangan pemuda semuanya duduk sama rendah di bawah tenda beralasan karpet sambil mengikuti rangkaian acara hingga sampai ke acara inti yakni makan Sehidang Setalam.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Setalam yang diselenggarakan Aliansi Budak Balai Bersatu bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun dan LAM Kecamatan serta Pemerintah Kabupaten Karimun dapat terlaksana dengan baik.

"Kegiatan ini memang bertepatan dengan akan memasuki bulan suci ramadhan yang mana setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadan selalu diawali dengan melaksanakan doa arwah dan ini makna dari kegiatan Kenduri Kampong yang digelar hari ini untuk bersama-sama melaksanakan doa arwah tersebut," ujar Rafiq.

Rafiq yang merupakan Dato' Setia Amanah Negeri Karimun Darussalam menuturtkan bahwa doa arwah ini merupakan suatu yang disunnahkan Baginda Muhammad SAW dan Melayu yang indentik dengan Islam.

"Selain itu melalui Kenduri Kampong kita bangkitkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan silaturahim bagi seluruh masyarakat Karimun," kata Rafiq.

Menurut Rafiq, nanti kegiatan Kenduri Kampong yang memberikan nilai positif ini bisa dijadikan sebagai kegiatan wisata religius yang dikemas lebih baik lagi.

"Kegiatan ini dapat membangkitkan semangat untuk tetap bersatu, ingat selalu akan sejarah dan terima kasih kepada para pendiri bangsa, khususnya pendiri Kabupaten Karimun di masa lalu. Sebagai zuriat penerusnya, mudah-mudahan dapat meneruskan apa yang inginkan untuk memajukan Kabupaten Karimun yang sama-sama kita cintai ini," terangnya.

Sementara Dato' Wira Setia Utama, Muhammad Firmansyah mengatakan budaya kenduri merupakan ekspresi masyarakat Melayu dan sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ia menyampaikan atas nama LAM Kabupaten Karimun mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dilaksanakan kegiatan Kenduri Kampong Sehidang Setalam yang digelar Aliansi Budak Balai Bersatu, apalagi tradisi adat Melayu sangat penting untuk terus dilestarikan.

Editor: Yudha

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit