logo batamtoday
Jum'at, 21 Juni 2024
JNE EXPRESS


Dr Aqua Dwipayana Ungkap Tips Kompetensi Komunikasi Antarpersonel TNI AL di Banjarmasin
Jum\'at, 24-05-2024 | 08:36 WIB | Penulis: Redaksi
 
Flayer Sharing Komunikasi dan Motifasi Dr Aqua Dwipayana bertajuk  

BATAMTODAY.COM, Banjarmasin - Peningkatan komunikasi dan kerjasama tidak hanya meningkatkan kinerja personel TNI Angkatan Laut, tetapi juga memperkuat solidaritas dan kepercayaan di antara mereka.

Dengan fokus yang diperkuat pada komunikasi yang baik dan kerjasama yang erat, TNI Angkatan Laut harus yakin bahwa mereka dapat mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas-tugas mereka demi kepentingan bangsa dan negara.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan demikian di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengoptimalkan kehadirannya di 'Kota Seribu Sungai' Banjarmasin, pria rendah hati itu kembali memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada Rabu 22 Mei 2024.

Setelah sebelumnya menyampaikan sharing serupa kepada jajaran personel Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel, kali ini doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut akan memaparkan hal serupa kepada jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin.

Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut siap memberikan materi sharing bertajuk "The Power of Togetherness: Membangun Komunikasi yang Baik dalam Rangka Meningkatkan Kerjasama Guna Optimalisasi Tugas di Lanal Banjarmasin". Sharing dilaksanakan di Gedung Mustafa Ideham Mako Lanal Banjarmasin Jalan Ahmad Yani No. 218C Kota Banjarmasin, kepada hampir 200 perserta dari jajaran perwira, bintara, tamtama, ASN, serta ibu-ibu pengurus dan anggota Jalasenastri.

Dalam pernyataannya menjelang sharing, Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat itu mengidentifikasi beberapa langkah yang dapat membantu dalam proses tersebut. Pertama, jelaskan tujuan bersama yakni memastikan semua personel memahami tujuan akhir dari tugas mereka. Ini membantu memperjelas mengapa kerjasama diperlukan dan memberikan fokus yang sama kepada semua anggota tim.

"Kemudian, membuka saluran komunikasi. Pastikan bahwa itu terwujud dan mudah diakses oleh semua anggota di institusi. Ini bisa meliputi pertemuan rutin, panggilan konferensi, atau platform komunikasi online," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Langkah berikutnya adalah menyimak dengan aktif. Dewan Pakar Ikatan Sarijana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu menguraikan bahwa komunikasi bukan hanya tentang berbicara, tetapi juga tentang menyimak. Berikan waktu untuk mendengarkan pandangan dan masukan dari jajaran. Ini membantu membangun rasa saling percaya dan meningkatkan pemahaman atas perspektif masing-masing.

"Beri ruang bagi anggota untuk menyampaikan ide, masalah, atau keprihatinan mereka tanpa takut dihakimi atau diabaikan. Suasana terbuka seperti ini memperkuat kolaborasi dan meningkatkan kreativitas. Pastikan pesan yang Anda sampaikan jelas dan tegas. Hindari kebingungan dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan langsung ke intinya," kata pria penghobi silaturahim ini.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim ini juga menekankan pentingnya memberikan umpan balik yang konstruktif. Ketika melakukan itu, pastikan untuk menekankan pada solusi daripada masalah. Berikan umpan balik secara konstruktif dan berfokus pada peningkatan kinerja bersama.

Setelah semua masukan dikumpulkan, ujar sosok yang santun yang senang membantu orang lain itu, buatlah rencana aksi bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pastikan setiap orang memahami tanggung jawab mereka dan bagaimana kontribusi mereka akan mendukung kesuksesan tim secara keseluruhan.

Juga penting dilakukan, lanjut Dr Aqua Dwipayana, melaksanakan evaluasi berkala terhadap komunikasi dan kerjasama tim. Identifikasi apa yang telah berhasil dan yang perlu ditingkatkan, lalu sesuaikan strateginya dengan hasil evaluasi tersebut.

"Dengan memperkuat komunikasi dan kerjasama di internal TNI Angkatan Laut, semua personel dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan kepada mereka," ujar pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Dr Aqua Dwipayana juga menekankan upaya peningkatan kemampuan berkomunikasi yang sangat penting dalam diplomasi. "TNI AL harus memastikan bahwa personelnya memiliki keterampilan komunikasi yang baik melalui pelatihan komunikasi interpersonal guna mengembangkan keterampilan dalam menyimak aktif, berbicara dengan jelas, dan membangun hubungan yang baik," kata sosok penghobi silaturahim ini.

Pembicara laris ini juga menyinggung tentang urgensi teknik negosiasi. Para personel Lanal harus diikutsertakan dalam keterampilan teknik-teknik negosiasi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan. Juga teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi komunikasi dan diplomasi.

Optimal Belajar

Senin (20/5/2024) malam Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P menemui Dr Aqua Dwipayana di Swiss-belHotel Borneo Banjarmasin Jl. Pangeran Antasari No. 86A Banjarmasin. Ia didampingi Pasintel Mayor Laut (E) Adri Nira.

Mereka baru pertama kali ketemu. Meski begitu ngobrolnya akrab sekali. Dr Aqua Dwipayana menyimak semua cerita menarik yang disampaikan Agus termasuk pengalamannya selama puluhan tahun bertugas di berbagai Kapal Republik Indonesia (KRI).

Saat pertemuan itu Agus mengundang Dr Aqua Dwipayana untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya dan para istri. Meski undangannya mendadak, setelah melihat jadwalnya masih ada yang kosong, pria yang hobi membaca itu langsung menyanggupinya.

Dr Aqua Dwipayana berterima kasih kepada Agus atas amanah yang diberikannya. Seperti biasa, saat sharing sekaligus dioptimalkannya untuk belajar kepada seluruh peserta.

Mereka sepakat pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Lanal Banjarmasin pada Rabu 22 Mei 2024. Itu menyesuaikan keluangan waktu Dr Aqua Dwipayana dan agenda yang kosong di Lanal Banjarmasin.

Malam itu mereka ngobrol hingga sekitar pukul 23.00 WITA. Banyak hal menarik yang mereka diskusikan termasuk aktivitas di Lanal Banjarmasin.

Selasa malam 21 Mei 2024 Agus didampingi para pejabat utamanya menjamu Dr Aqua Dwipayana makan malam di resto Dunia Laut Jalan A. Yani Km 5 Banjarmasin. Mereka kembali melanjutkan diskusi.

Agus didampingi para pejabat utamanya. Mereka adalah Palaksa Mayor Laut (P) Eko Yudi Mardiyanto, M.Tr.Opsla, ?Pasops Mayor Laut (P) Sugeng Subagyo, Pasintel Mayor Laut (E) Adri Nira, Pasmin Mayor Laut (S) Hari Nurdi, Pasprogar Mayor Laut (S) Siti Maimunah, dan Dandenpom Mayor Laut (PM) Saji Wardoyo. Juga hadir Danlanal Kumai Mayor Laut (P) Mahendra.

Bawahi beberapa Posal

Lanal adalah satuan pelaksana TNI Angkatan Laut yang berada di bawah Lantamal. Lanal membawahi beberapa Pos TNI AL, Pos Pengamat dan Pos Keamanan Laut Terpadu (Posal/Posmat/Poskamladu). Lanal dipimpin oleh seorang Komandan yang biasa disebut Danlanal (Komandan Pangkalan TNI AL).

Lanal membawahi Posal/Posmat dipimpin oleh Komandan yang biasa disebut Danposal/Danposmat (Komandan Pos TNI AL/Komandan Pos Pengamat/Komandan Pos Keamanan Laut Terpadu) yang berpangkat Kapten (Posal Tipe A), Lettu (Posal Tipe B), dan Letda (Posal Tipe C).

Ke depan Pos TNI AL akan dipimpin oleh komandan berpangkat Kapten, dengan 3 Staf berpangkat Lettu/Letda yang memiliki kualifikasi Operasi, Intel, dan Potmar. Beranggotakan 20-25 personel.

Lanal Banjarmasin

Pimpinan : Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., M.A.P (Komandan Lanal Banjarmasin).

Nilai-nilai yang selalu ditekankan pimpinan:

1. Meningkat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Esa.
2. Perilaku hidup yang sederhana.

3. Menjaga komunikasi dan koordinasi yang baik di lingkungan kerja.
4. Menjaga keharmonisan keluarga besar Lanal Banjarmasin.*

Editor: Dardani

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit