logo batamtoday
Senin, 15 Juli 2024
BANK BRI


Sekda Batam Segera Tindak Lanjuti Dugaan Pengiriman Sapi Ilegal
Jum\'at, 09-06-2023 | 12:24 WIB | Penulis: Aldy Daeng
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin Hamid bersama Kadiskominfo Rudi Panjaitan. (Aldy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan bakal menindaklanjuti informasi adanya pengiriman sapi ke Batam tanpa dilengkapi dokumen resmi. Menurutnya, diperlukan pembahasan lebih detail mengenai hal itu.

"Nanti kami agendakan khusus untuk bahas soal sapi non prosedural ini. Karena harus dipanggil dulu dinas terkait untuk menjelaskan kondisi saat ini. Setahu saya sapi yang masuk harus ada izin karantina, kesehatan dan pemerintah asal, dan tujuan," bebernya, Kamis (8/6/2023) sore

Jefridin menjelaskan, keamanan dan keselamatan warga yang akan mengkonsumsi daging kurban saat Iduladha nanti sangat penting. Hal itu dimulai dari proses di daerah asal. Misalnya pemeriksaan kesehatan, layak atau tidak sapi ini untuk dikirim ke Batam.

Setelah tiba di Batam, kata Jefridin, hewan kurban sapi atau kambing juga akan dilakukan pengecekan kesehatan ulang, termasuk juga dari Balai Karantina.

"Saya belum dapat lagi informasi detailnya. Kalau ada yang ilegal tentu harus ditindak. Karena ini menyangkut keselamatan warga Batam yang akan mengkonsumsi daging tersebut," ungkapnya.

Ditambahkannya, pasca pelaksanaan salat, akan dilaksanakan pemotongan hewan kurban. Informasi yang didapatkan dari Dinas Ketahanan Pangan, dan Pertanian (DKPP) Batam, saat ini sapi cukup memenuhi kebutuhan jelang Idul Adha.

"Alhamdulillah tidak ada kendala dengan kebutuhan hewan kurban baik sapi maupun kambing," pungkasnya.

Editor: Yudha

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit