logo batamtoday
Minggu, 21 April 2024
JNE EXPRESS


Kasat Reskrim Polres Bintan Terjun Langsung Padamkan Kebakaran Lahan di Jalan Lintas Barat
Sabtu, 24-02-2024 | 16:36 WIB | Penulis: Syajarul Rusydy
 
Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Marganda Pandapotan membantu memadamkan kebakaran lahan kosong. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Marganda Pandapotan terjun langsung untuk memadamkan kebakaran lahan kosong di Desa Tembeling, Jalan Lintas Barat Bintan, Sabtu (24/2/2024).

Sebelum Marganda masuk ke dalam kobaran api, terlebih dahulu Bhabinkamtibmas Aipda Guspa bersama masyarakat sudah berusaha memadamkan api. Namun api tak kunjung padam, karena sudah menyebar melahap lahan kosong sekitar 2 hekter tersebut.

"Saya kebetulan lewat, lihat api sudah menyala reflek saja turun dan ikut mencoba memadamkan api," sebut Marganda.

Api baru bisa dipadamkan setelah tim pemadam kebakaran dari BPBD Bintan dan Kecamatan Toapaya ikut terun ke lokasi. "Kalau manual, susah juga, tetap kita harus berterimakasih kepada di tim pemadam, yang ikut sigap memadamkan api," sebutnya.

Untuk pemicu karhutla itu, Marganda belum dapat membeberkan karena pihaknya masih melakukan penyelidikan di lapangan. Namun jika kebakaran tersebut adanya kesengajaan atau kelalaian tentunya akan dapat dipidana dengan pasal 108 Undang-undang nomor 32 tahun 2009 dengan ancaman 10 tahun penjara.

"Jadi jangan coba coba sengaja melakukan pembakaran lahan, ada ancaman hukum yang bakal menjerat. Untuk itu kita himbau agar masyarakat jangan melakukan hal-hal yang memicu terjadinya kebakaran," imbuh Marganda.

Editor: Yudha

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit