logo batamtoday
Senin, 15 Juli 2024
BANK BRI


Didominasi PPU, Hampir 98 Persen Warga Batam Terdaftar JKN-KIS
Senin, 18-09-2023 | 15:32 WIB | Penulis: Aldy Daeng
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam Manna, saat silaturahmi bersama awak media di kawasan Batam center, Senin (18/9/2023) (Foto: Aldy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan Kota Batam mencatat sebanyak 1.204.678 orang warga Kota Batam, telah terdaftar pada Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia sehat (JKN-KIS).

Jumlah tersebut dengan persentase 97,92 persen dari total jumlah penduduk sebanyak 1.230.216 orang.

"Ada kenaikan setiap bulan, jadi saat ini sudah 97 persen lebih. Tentunya dari semua segmen meningkat. Bidang badan usaha juga sekarang sudah meningkat jadi tambahannya dari segala segmen," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam Manna, saat silaturahmi bersama awak media di kawasan Batam center, Senin (18/9/2023).

Manna menyebutkan, berdasarkan segmentasi, distribusi peserta BPJS Kesehatan di kota Batam didominasi Pekerja Penerima Upah (PPU). Dimana, jumlahnya mencapai 620.601 orang.

Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja informal, sebanyak 261.242 orang. Kemudian diikuti Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBN, sebanyak 249.719 orang.

Selanjutnya, kata Manna, penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBD/Jamkesda, sebanyak 67.966 orang, serta Bukan Pekerja (BP) meliputi Investor, Pemberi Kerja, Veteran, Perintis Kemerdekaan, dan Pensiunan sebanyak 5.148 orang.

Untuk terus meningkatkan kepesertaan JKN-KIS di Batam, pihaknya kerap melakukan kerjasama dengan lembaga/instansi pemerintah daerah serta berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya dari berbagai segmen ini kita upayakan. Kalau dari sisi badan usaha kita juga ada namanya kepatuhan dan itu kita kerja sama dengan kejaksaan, dari dinas PTSP untuk perizinan, kemudian dinas ketenagakerjaan itu kita kumpul data-data yang badan usaha juga dari kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

Editor: Surya

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit