logo batamtoday
Sabtu, 13 Juli 2024
BANK BRI


Pengembangan SDM, Kominfo Perkuat Lebih dari 24 Juta Talenta Digital
Kamis, 13-06-2024 | 11:48 WIB | Penulis: Redaksi
 
Menkominfo Budi Arie Setiadi, dalam Rapat Kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024). (Kominfo)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya untuk mengembangkan sumberdaya manusia agar dapat mendukung percepatan transformasi digital nasional.

Melalui Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) dan Digital Talent Scholarship (DTS), Menkominfo Budi Arie Setiadi menyatakan Kementerian Kominfo telah menjangkau lebih dari 24 juta yang memiliki peningkatan literasi dan keterampilan digital untuk menciptakan ruang digital yang produktif.

"Kominfo memberikan dukungan melalui literasi digital yang telah menjangkau hampir lebih 24 juta masyarakat Indonesia selama periode tahun 2017 hingga Mei 2024. Program ini bertujuan untuk menciptakan ruang digital yang produktif, sehat dan aman," jelasnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024), demikian dikutip laman Kominfo.

Selain Program GNLD, Kementerian Kominfo menyiapkan sumberdaya manusia digital atau talenta digital melalui melalui program Digital Talent Scholarship. 

Menteri Budi Arie menjelaskan Program DTS Kominfo menjadi salah satu program unggulan yang memberikan beragam pelatihan seperti big data, artificial intelligence, machine learning, dan beragam pelatihan lainnya. "Program Digital Talent Scholarship ini telah memberikan pelatihan kepada 530,941 SDM talenta digital dari tahun 2018 hingga 2023," ujarnya.

Menurut Menkominfo, selain menuntaskan Pelatihan Talenta Digital, Kementerian Kominfo juga berhasil memberikan dukungan pada sektor strategis seperti UMKM melalui fasilitas terhadap 12.500 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Fasilitas kepada UMKM untuk mengadopsi dan memanfaatkan teknologi digital, dimana Kominfo juga telah melakukan pembinaan startup digital melalui program Startup Studio Indonesia dan menghasilkan 115 startup digital aktif," tandasnya.

Editor: Gokli

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit