logo batamtoday
Jum'at, 21 Juni 2024
JNE EXPRESS


Polri Sukses Amankan Gelaran World Water Forum ke-10 di Bali
Kamis, 23-05-2024 | 08:20 WIB | Penulis: Redaksi
 
Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM Saibansah Dardani di titik penjemputan delegasi WWF ke-10 di Bandara Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali. (Foto: Alia/J5NEWSROOM.COM)  

BATAMTODAY.COM, Denpasar - Polri terlibat dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Penyelenggaraan event internasional yang dihadiri beberapa kepala negara dan delegasi sejauh ini terbilang cukup aman dan sukses.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, keberhasilan Polri mengamankan penyelenggaraan KTT WWF tak terlepas dari persiapan yang matang.

"Kapolri selalu menginstruksikan ke Kaops Puri Agung dengan konsep perencanaan dengan matang termasuk bagaimana manajemen risiko dalam operasional kepolisian dan bagaimana mengantisipasinya, maka implementasi saat ini alhamdulilah situasi baik kondusif dan terselenggara dengan lancar," kata Trunoyudo di Bali, Rabu (22/5/2024).

Kemudian, kata Trunoyudo, konsep operasi pengamanan yang dilakukan Polri adalah operasional terpadu sinergi antara Paspampres, TNI, dan Stakeholder Kementerian Lembaga.

"Kemudian di ruangan inilah (command center) dilakukan dinamisator oleh Kaposko yang kemudian bagaimana menggerakan seluruh pola pengamanan baik itu secara internal dengan satgas yang ada di Operasi Puri Agung serta pemangku kepentingan lainnya," ujarnya.

Trunoyudo yang juga menjabat Kasatgas Humas Operasi Puri Agung menyampaikan beberapa apresiasi dari tokoh masyarakat, agama, adat di Bali termasuk delegasi dan beberapa pimpinan Kementerian Lembaga dengan keramahan yang dilakukan anggota Polri dalam pengamanan.

Menurutnya, keramahan ini juga berasal dari masyarakat Bali yang memberikan suatu pengertian dan menjadi kultur ramah tamah sehingga delegasi juga nyaman.

"Selain sinergi dan kolaboratif juga tidak luput dari tokoh-tokoh di Bali sehingga situasi menjadi nyaman dan lancar," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menuturkan, pengamanan yang dilakukan Polri dalam penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ini adalah agenda rutin kepolisian setiap adanya event internasional di Indonesia.

"Polri selalu dilibatkan dalam event-event internasional tidak hanya di bali. Polri juga mengamankan event di Jakarta, Danau Toba dan berbagai event internasional. Tentu menjadi kewajiban tugas pokok, fungsi dan peran Polri," ujarnya.

Harapannya, dengan adanya penyelenggaraan event WWF ini, Trunoyudo mengatakan generasi muda dapat melestarikan dan merawat alam serta air di masa mendatang.

"Untuk harapan tentu menjadi isu krusial salah satunya air. Menuju Indonesia emas generasi muda menjadi saksi sejarah sehingga ke depan Presiden Indonesia mengharapkan generasi penerus bisa melestarikan dan merawat alam dan air secara khususnya," katanya.

Sementara itu, pantauan Pemimpin Redaksi BATAMTODAY.COM Saibansah Dardani yang berada di Denpasar Bali, 16-20 Mei 2024 menyaksikan, situasi keamanan Kota Denpasar yang aman dan terkendali. Tidak terjadi kemacetan yang berarti. Meskipun beberapa ruas jalan dilalui rombongan Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto bersama para menteri.

Termasuk, rute yang dilalui bos Starlink Elon Musk tiba di Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Minggu (19/5/2024), menuju lokasi pertemuan forum air terbesar sedunia World Water Forum ke-10 di Bali Internasional Convention Center (BICC), Nusa Dua Bali.

Tampak, pengawalan polisi terkoordinasi dengan baik. Sehingga, semua proses pengawalan tamu-tamu negara dari Terminal VVIP Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Denpasar menuju BICC di Nusa Dua Bali.

Sehingga, dengan koordinasi polisi yang baik itulah, situasi di sejumlah tempat wisata Pulau Dewata seperti Pantai Kuta, Kintamani, Ubud, Uluwatu dan destinasi wisata lain, tetap aman dan nyaman untuk dinikmati. Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara begiti menikmati indahnya pantau dan alam.

Editor: Dardani

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit