logo batamtoday
Sabtu, 01 Juni 2024
JNE EXPRESS


Tak Ada Penjaringan, Partai Gerindra Bakal Majukan Dua Kader di Pilkada Batam 2024
Sabtu, 11-05-2024 | 14:44 WIB | Penulis: Aldy
 
Ketua DPD Gerindra Kepri, Iman Setiawan bersama kader Gerindra Kepri dan Pusat. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai Gerinda tidak akan melakukan penjaringan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada Batam November 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Provinsi Kepri, Iman Sutiawan, saat ditemui di acara Ground Breaking PT STANIA di Kawasan Industri Green Energi Kabil, Kota Batam, Jumat (10/4/2024).

"Kalau penjaringan kita tak ada melakukan itu, kalau safari politik iya. Selama ini komunikasi politik kita bersama partai lain cukup bagus. Itu sudah modal baik untuk Pilkada Batam nantinya," ungkap Iman Sutiawan.

Disinggung terkait kader internal yang akan diusung, Iman pun enggan menyampaikan secara gamblang. Bahakan terkait isu yang santer beredar, kalau kadar Partai Gerindra, Marlin Agustina Rudi akan dipasangkan dengan kader Gerindra, Ahmad Surya --saat ini tengah menjabat Wakil Ketua lll DPRD Batam-- termasuk pemenang dalam kontestasi pemilahan legislatif (Pileg) lalu.

"Dua-duanya memang kader partai saat ini, dan itu sudah kita bicarakan," kata Iman Sutiawan, yang saat itu di dampingi Ahmad Surya.

Di sisi lain, dengan mundurnya Amsakar Achmad dari Partai NasDem, hal itu menimbulkan spekulasi dari berbagai pengamat politik. Bahwa partai pemenang Pileg Kota Batam 2024 kemarin, dengan raihan 10 kursi di DPRD Batam, maka partai besutan Surya Paloh tersebut kemungkinan besar akan menjatuhkan pilihannya kepada Marlin Agustina Rudi.

"Mundurnya Amsakar membuka peluang NasDem untuk mengusung Marlin Agustina pada Pilwako nanti. Apalagi Marlin adalah istri dari Ketua DPW Partai NasDem Kepri, Muhammad Rudi. Tentu kondisi ini pula yang menjadi pertimbangan besar bagi Surya Paloh," ujar Robby, Pengamat Politik dan Akademisi Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), merespons beredarnya surat pengunduran diri Amsakar tertanggal 15 April 2024 lalu, Selasa (7/5/2024).

Di samping itu, Robby mengatakan bahwa mundurnya Amsakar memberi ruang bagi Nasdem untuk bergabung dengan koalisi partai pengusung Marlin Agustina lainnya.

Sehingga, kekuatan koalisi pun semakin bertambah dengan hadirnya Nasdem sebagai peraih kursi terbanyak pada Pileg DPRD 2024 lalu. "Artinya, arah pilkada Batam ke depan semakin jelas yakni koalisi yang dibangun Partai Nasdem dengan calon wali kota adalah Marlin Agustina dan akan berhadapan dengan koalisi yang dibuat Golkar. Di mana, Amsakar menjadi calon walikotanya," ujar Robby.

Editor: Gokli

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit