logo batamtoday
Minggu, 26 Mei 2024
JNE EXPRESS


Timnas Indonesia U-23 Berhasil Kalahkan Australia 1-0
Jumat, 19-04-2024 | 08:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
imnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Piala Asia U-23 dalam laga Grup A yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024) (Foto:Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di Piala Asia U-23. Ini setelah Komang Teguh Trisnanda berhasil mencetak gol pada babak pertama dalam laga Grup A yang digelar di Abdullah bin Khalifa Stadium, Kamis (18/4/2024).

Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah setelah pemain Borneo FC itu mencetak gol lewat sundulan setelah menyambar tembakan Nathan Tjoe-A-On.

Hasil ini bukan hanya jadi kejutan tetapi juga momen bersejarah buat Timnas Indonesia U-23. Ini untuk pertama kalinya Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan di pentas Piala Asia U-23.

Selain itu, kiper Timnas U23 Indonesia Ernando Ari berhasil menggagalkan penalti pemain Australia, Mohamed Toure yang maju sebagai eksekutor, tendangannya berhasil ditahan dan ditepisnya.

Kemenangan Indonesia melawan Australia ini disebut sebagai yang krusial pasca kekalahan kontroversial dari tuan rumah Qatar, Senin lalu, tak hanya membangkitkan moral tim Merah Putih yang kini menempati peringkat dua grup dengan mengumpulkan tiga poin. Hal itu membuka lagi peluang lolos ke babak 8 besar.

"Luar biasa. Para pemain timnas benar-benar tunjukkan bagaimana Indonesia yang sesungguhnya. Saya apresiasi dan bangga atas permainan timnas yang tak hanya mampu bangkit usai kalah di laga pertama, namun mereka malah tampil penuh semangat. Itu yang kita semua mau. Yang Indonesia mau," ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang nobar bersama influencer dan para sponsor Timnas di Jakarta, Kamis (18/4/2024) malam.

Perjuangan para pemain Indonesia untuk tidak mau kalah terlihat sepanjang pertandingan. Meski kalah tipis dalam penguasaan bola, tapi ketenangan mental yang tinggi para pemain dan kesolidan dalam menahan serangan Australia membuat gawang Ernando Ari gagal ditembus.

Terutama saat Ernando menahan tendangan pinalti striker Australia, M Toure di menit ke-25. Gol kemenangan Indonesia dicetak melalui sundulan Komang Teguh di menit 45 meneruskan bola hasil tendangan Nathan Tjoe-A-On.

"Saya berharap ini jadi modal besar untuk laga penentu melawan Jordania besok. Kerja keras akan menentukan hasil. Meski ada pertandingan lain yang ikut menentukan posisi akhir di grup. Tapi kita semua sepakat, termasuk pecinta timnas, sepanjang seluruh pemain fight hingga peluit akhir, maka kita selalu bangga dan dukung timnas," kata Erick.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan bahwa kepercayaan diri dan mental menjadi kunci di balik sukses Timnas Indonesia U-23 menuai tiga poin perdana sepanjang sejarah keikutsertaan Merah Putih di pentas Piala Asia U-23.

"Tentu saja Australia tim yang kuat, punya kemampuan fisik yang bagus, kecepatan, skill, teknik dan individu pemain yang sangat baik. Tetapi saya menekankan kepada pemain untuk tidak boleh menyerah dan tetap percaya diri, juga pentingnya mental yang kuat," kata Shin Tae-yong.

"Pemain melakukan itu semua dengan baik, mereka berusaha dengan upaya yang hebat. Sekarang, tim kami terus berkembang. Itulah yang saya rasa membuat kami menang lawan Australia."

Tim asuhan Shin Tae Yong datang ke turnamen ini dengan status debutan. Sukses itu diukir setelah jadi yang terbaik di Grup K babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Piala Asia U-23 pertama kali digelar tahun 2013 dan sudah berlangsung sebanyak enam edisi sampai dengan saat ini. Dari edisi pertama hingga kelima, tidak sekalipun Timnas Indonesia U-23 bisa lolos ke putaran final.

Kini sebagai debutan, Timnas Indonesia U-23 sudah berhasil mengukir sejarah. Hasil positif ini turut menjaga peluang Komang Teguh dan kawan-kawan untuk melangkah ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Timnas Indonesia U-23 tinggal menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup. Anak asuh Shin Tae Yong akan menghadapi Yordania pada Minggu (21/4/2024).

Editor: Surya

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit