logo batamtoday
Minggu, 26 Mei 2024
JNE EXPRESS


Ekonomi Batam Tumbuh 7,04 Persen Ditopang Sektor Industri dan Pariwisata
Rabu, 28-02-2024 | 17:24 WIB | Penulis: Aldy Daeng
 
Kepala BPS Batam, Agus Kadaryanto. (Aldy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertumbuhan ekonomi Batam pada tahun 2023 menembus angka 7,04 persen, melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Regional dan Nasional. Sektor industri dan Pariwisata menjadi kontributor utama.

Hal ini disampaikan Kepala BPS Batam, Agus Kadaryanto dalam rapat Forum Perangkat Daerah Kota Batam Lantai IV Pemko Batam, Rabu (28/2/2024).

Capaian ini menempatkan pertumbuhan ekonomi Batam jauh diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri yang mencatat sebesar 5,20 persen, serta pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,02 persen.

"Ini capain yang luar biasa, bisa menembus angka 7,04 persen. Menandai kemajuan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujar Agus Kadaryanto, usai rapat.

Dijelaskan Agus, sektor industri pengolahan menjadi salah satu kontributor utama dalam pertumbuhan ekonomi tersebut, dengan munculnya berbagai bisnis makanan baru dan pertumbuhan ritel moderen yang mencolok.

Selain itu, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat mencapai 110 persen turut memberikan dampak positif yang signifikan terhadap berbagai sektor ekonomi, termasuk kuliner, perhotelan, pusat perbelanjaan, dan transportasi.

Sementara, Walikota Batam Muhammad Rudi menyambut baik indikasi kemajuan Batam di tahun 2023. Dia menekankan pentingnya kerja sama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan fokus pada peningkatan investasi dan pembangunan infrastruktur.

"Dengan persiapan infrastruktur yang telah kami lakukan selama lima tahun terakhir, kita dapat merasakan manfaatnya saat ini," kata Rudi

"Ini membuktikan bahwa investasi dalam pembangunan infrastruktur merupakan langkah yang tepat untuk menarik investor dan mempercepat pertumbuhan ekonomi," tambah Rudi.

Pertumbuhan ekonomi yang positif ini menunjukkan bahwa Batam tetap menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi yang penting di Indonesia, dengan prospek yang cerah untuk masa depan.

"Untuk membuat investor mau ke Batam harus disiapkan dulu infrastrukturnya. Selama lima tahun belakang ini sudah kami coba bangun, dan kita bisa rasakan sekarang manfaatnya," pungkas Rudi.

Editor: Yudha

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit