logo batamtoday
Jum'at, 12 April 2024
JNE EXPRESS


PWI Ucapkan Terima Kasih kepada Seluruh Mitra HPN 2024
Selasa, 27-02-2024 | 08:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun sebagai Penanggung jawab Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2024 bersama Presiden Jokowi dan para mitra. (Foto: Humas PWI Pusat)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun sebagai Penanggung jawab Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2024 mengucapkan terima kasih tidak terhingga kepada seluruh pihak, khususnya mitra PWI Pusat, yang telah memberi dukungan luar biasa sehingga rentetan kegiatan Pra HPN sampai dengan puncak acara yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo berjalan dengan baik dan lancar.

PWI berharap kerjasama yang telah terjalin baik, akan berjalan langgeng untuk kebaikan kita semua, khususnya demi tegaknya kemerdekaan pers, terciptanya iklim yang kondusif bagi dunia usaha, dan tercapainya Indonesia Emas tahun1945.

Puncak acara dilaksanakan di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024) dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Acara berlangsung meriah, dihadiri wartawan yang menjadi pengurus PWI daerah di seluruh Indonesia. Hadir mendampingi Presiden Joko Widodo yakni Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Peringatan HPN sendiri dilaksanakan sesuai dengan hari lahirnya yakni 9 Februari 2024 bertempat di Gedung PWI Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. Acara dilaksanakan secara sederhana berupa pemotongan tumpeng yang dilakukan Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun. Potongan tumpeng itu kemudian diserahkan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Adapun alasan perubahan perayaan puncak HPN menjadi tanggal 20 Februari 2024 karena bertepatan dengan adanya Pemilu yang jatuh pada 14 Februari. Selepas Pemilu 2024, rangkaian perayaan HPN dilaksanakan dari 17-20 Februari 2024 dimulai dari seminar yang dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan berbagai narasumber kompeten untuk membahas peran pers dalam mewujudkan demokrasi di era digital hingga Puncak Peringatan Hari Pers Nasional pada 20 Februari 2024.

Yang cukup menarik dari rangkaian acara HPN antara lain penanaman tanaman mangrove di Taman Wisata Hutan Mangrove, Angke Kapuk, Jakarta Utara. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya bersama Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun, Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat H Ilham Bintang, Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah dan jajaran PWI daerah melakukan penanaman mangrove.

Masih terkait dengan lingkungan hidup, PWI menggandeng Yayasan BUMN membagikan 100.000 bibit tanaman dengan rincian 50.000 bibit tanaman dibagikan ke masyarakat di kawasan Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, 20.000 bibit tanaman di car free day Artha Graha, 20.000 untuk pemrov DKI dan 10.000 untuk kawasan Ancol Jakarta Utara.

Bibit-bibit tanaman itu diserahkan antara lain oleh Ketua PWI Hendry Ch Bangun, Sekjen Sayid Iskandarsyah dan perwakilan dari BUMN kepada masyarakat yang berada di sekitar CFD. Sedangkan penyerahan pohon di Ancol dilakukan oleh wakil sekjen PWI Raja Pane kepada pengelola Ancol.

Di luar itu, rangkaian acara lain yang tak kalah penting adalah konvensi nasional media massa di Candi Bentar Hall Ancol, Jakarta Utara, seminar IKWI dan lomba masak. Semua kegiatan HPN ini tak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sehingga HPN terselenggara di Jakarta dengan lancar dan sukses.

Penghargaan Insan Pers

Hari Pers Nasional (HPN) dilaksanakan sebagai langkah untuk menunjukkan eksistensi wartawan Indonesia semakin teguh dalam perannya mewujudkan cita-cita kemerdekaan, sekaligus sebagai salah satu pilar demokrasi. HPN juga merupakan penghargaan bagi seluruh insan pers yang telah berkontribusi dalam memajukan dan menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Peringatan HPN ini ditetapkan setiap tanggal 9 Februari. Tanggal 9 Februari ini sebagai hari lahirnya PWI yang ditetapkan pada Kongres PWI ke-16 yang berlangsung di Padang pada 1978. Tujuh tahun kemudian, 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional seperti tertuang melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1985 tentang Hari Pers Nasional. Hingga kini, 9 Februari diperingati sebagai HPN sekaligus HUT PWI.

Berikut daftar mitra sponsor yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam HPN 2024:

1. PT. Astra International Tbk,
2. PT Djarum,
3. PT Bank Central Asia Tbk,
4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,
5. Artha Graha Group,

6. Bank BJB
7. PT Freeport Indonesia
8. PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero)
9. Triputra Group
10. MNC Group

11. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
12. PT Bank Mandiri (Persero)
13. Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Pertamina (Persero)
14. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
15. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

16. PT Permodalan Nasional Madani/PNM
17. PT Trimegah Bangun Persada/Harita Nickel
18. PT Bank Syariah Indonesia Tbk
19. Bank Indonesia
20. Perum Bulog

21. PT Taspen (Persero)
22. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Sinar Mas Land
23. Sugar Group Companies
24. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI)
25. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)

26. PT Pupuk Indonesia (Persero)
27. PT Bank Mayapada Internasional Tbk, PT Asuransi Kredit Indonesia,
28. PT Pegadaian,
29. PT Nestle Indonesia,
30. PT Kereta Api Indonesia (Persero),

31. PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero),
32. Harian Kompas
33. BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Editor: Dardani

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit