logo batamtoday
Jum'at, 12 April 2024
JNE EXPRESS


Polda Kepri Bersama KPU dan Bawaslu Gelar Rakor Kesiapan Akhir Pengamanan Pemilu
Senin, 12-02-2024 | 19:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Kapolda Kepri Irjen. Pol.Yan Fitri Halimansyah pimpin rapat kordinasi Kesiapan Akhir Pengamanan Pemilu. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyukseskan terselenggaranya pemilu yang akan berlangsung 2 hari lagi, Kapolda Kepri Irjen. Pol.Yan Fitri Halimansyah pimpin rapat yang dilaksanakan secara daring dalam rangka kesiapan akhir menuju penghitungan suara pemilu tahun 2024 bersama Para Kapolres/Ta jajaran, Para Penyelenggara Pemilu Kab/Kota, Ketua KPUD Prov Kepri dan Ketua Bawaslu Prov Kepri, Senin (12/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Provinsi Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi menjelaskan bahwa adanya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya untuk memastikan suksesnya persiapan pemilu yang akan berlangsung dalam dua hari ke depan, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2023. Dengan demikian, kegiatan tersebut menjadi momentum penting dalam memastikan kelancaran proses pemilihan umum yang akan dilaksanakan.

"Kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2024 telah mencapai tahap signifikan, dengan distribusi yang mencakup sekitar 60% dari total 80 kecamatan di provinsi tersebut. Meskipun cuaca ekstrem menjadi kendala, KPU telah mengambil langkah antisipatif dengan membungkus logistik menggunakan plastik untuk melindunginya dari hujan. Selain itu, seluruh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah ditempatkan di kecamatan hingga tanggal 16 Februari 2024, KPU memastikan kepada PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk memeriksa kembali keberadaan logistik guna memastikan kelengkapan sesuai dengan jumlah pemilih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujar Ketua KPU Provinsi Kepri.

Kemudian dalam kesempatannya, Ketua Bawaslu Provinsi Kepri Zulhadril Putra, menyampaikan bahwa pihak Bawaslu telah aktif melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye, sehingga selama masa tenang ini, semua alat peraga yang berada di jalan-jalan atau tempat keramaian masyarakat sudah tidak ada lagi.
"Selain itu, kami juga telah melakukan koordinasi erat dengan pihak KPU Provinsi dan Kota/Kabupaten dalam pengawasan pendistribusian logistik pemilu tahun 2024. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh logistik dapat dikirimkan dengan aman hingga ke TPS masing-masing yang telah ditentukan, namun kami masih menghadapi kesulitan dalam menertibkan beberapa alat peraga kampanye berukuran besar, dan kami telah berkoordinasi dengan pemerintah kota dan kabupaten untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda Kepri menyampaikan kepada seluruh Kapolres/ta dan jajaran Polda Kepri, guna memastikan kelancaran proses pemilu untuk berkoordinasi secara langsung dengan seluruh ketua KPU di Kota dan Kabupaten. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa proses pergeseran logistik Pemilu 2024 telah mencapai setiap kecamatan atau TPS yang telah ditentukan. Adanya koordinasi yang baik antara pihak kepolisian dan KPU akan memastikan kelancaran distribusi logistik serta persiapan TPS untuk pelaksanaan hari pencoblosan.

"Selanjutnya, saya menginstruksikan agar dipastikan kembali bahwa semua TPS yang sudah ditentukan lokasinya telah terbangun dan dalam kondisi siap untuk melaksanakan pencoblosan. Dengan jumlah total TPS se-Provinsi Kepri mencapai 5.914, maka perlu memastikan bahwa setiap TPS telah siap secara fisik maupun logistik untuk menerima pemilih pada hari pencoblosan nantinya. Saya juga menekankan kepada seluruh Ketua KPU di Kota dan Kabupaten yang masih menghadapi kendala dalam pendistribusian logistik untuk segera melaporkan masalah tersebut. Hal ini penting agar solusi dapat segera dicari, sehingga pada tanggal 13 Februari 2024, seluruh logistik sudah berada di kecamatan atau TPS yang ditentukan, dan dalam keadaan lengkap," tegas Kapolda.

"Terakhir kepada Polres/ta jajaran hingga tingkat Polsek untuk aktif terlibat dalam pengamanan untuk menertibkan alat peraga kampanye yang dibantu oleh Bawaslu, guna segera menertibkan alat peraga kampanye. Semua langkah ini merupakan bagian dari persiapan menyambut hari pencoblosan. Selain itu, bagi personel yang bertugas dalam pengamanan di TPS, agar menjaga keamanan dan memastikan tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan aman dan damai. Dengan kerjasama yang baik antara KPU, pihak kepolisian, dan semua pihak terkait, saya yakin pelaksanaan tahapan pencoblosan akan berjalan dengan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat Kepulauan Riau," tutup Kapolda

Editor: Yudha

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit