logo batamtoday
Kamis, 22 Februari 2024
Pasang Iklan


7 Kendaraan Listrik Canggih Ini Diproyeksikan Bakal Hadir Tahun Depan
Sabtu, 02-12-2023 | 16:28 WIB | Penulis: Redaksi
 
Tampilan Acura ZDX.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pabrikan otomotif besar hingga nama-nama baru seperti Lucid, Canoo, dan Rivian tengah mengerjakan kendaraan listrik masa depan.

Berikut ini deret kendaraan listrik yang diproyeksikan segera hadir pada tahun depan, seperti dikutip dari Car and Driver, Sabtu (2/12/2023).

1. Acura ZDX
ZDX diproyeksikan menjadi EV pertama Acura yang hadir pada awal tahun depan. ZDX 2024 menggunakan platform baterai Ultium General Motors, berbagi komponen dengan Cadillac Lyriq, dan baterai 102,0 kWh yang memberikan jangkauan hingga 325 mil.

Model A-Spec berpenggerak roda belakang bermesin tunggal berkekuatan 340 hp akan dipadukan dengan Tipe S berpenggerak semua roda berkekuatan 500 hp, bermesin ganda yang juga menggunakan rem yang ditingkatkan, peredam adaptif, dan suspensi udara. A-Spec diprediksi seharga 60.000 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 929 juta.

2. Audi Q6 e-tron
Audi akan mengembangkan jajaran SUV listriknya dengan Q6 e-tron yang ditempatkan di antara crossover e-tron Q4 dan Q8 dengan menggunakan arsitektur PPE yang sama dengan Porsche Macan EV terbaru. Baterai berkapasitas sekitar 93,0 kWh diklaim mampu memberikan jangkauan hingga 315 mil dan pengaturan 800 volt akan memungkinkan pengisian ulang dengan cepat.

Q6 e-tron all-wheel-drive bermesin ganda menghasilkan 375 tenaga kuda, sementara model e-tron SQ6 yang lebih sporty meningkatkan kemampuan menjadi 482 kuda dengan mode boost, menambahkan sekitar 20 hp untuk setiap model.

3. Buick Electra
Buick telah menghidupkan kembali SUV serba listrik baru yang diperkenalkan untuk pasar Tiongkok. Electra E5 menggunakan platform baterai Ultium GM dan ukurannya kira-kira sama dengan Chevrolet Equinox. Electra E5 diprediksi akan memiliki performa serupa dengan Cadillac Lyriq yang sudah tersedia dengan jangkauan 300 mil dan 340 tenaga kuda.

Buick berharap untuk menempatkan logo tri-perisainya di atas jajaran produk listrik sepenuhnya pada tahun 2030, namun, Electra pertama diperkirakan bakal hadir pada tahun 2024.

4. Cadillac Escalade iQ
Diusung hadir pada musim panas 2024, Cadillac Escalade iQ memiliki kapasitas lebih dari 200 kWh, baterai Ultium yang digunakan bersama dengan GMC Hummer EV dengan jangkauan sekitar 450 mil dan powertrain motor ganda menghasilkan hingga 750 tenaga kuda. Kabin mewahnya dihiasi layar berukuran 55 inci yang membentang di seluruh dashboard dan sistem suara 40 speaker.

Escalade IQ akan ditawarkan dengan Super Cruise dan sistem mengemudi tangan bebas General Motors dengan harga sekitar 130.000 dolar AS atau setara Rp4,6 miliar.

5. Canoo Pickup Truck
Canoo adalah perusahaan rintisan otomotif listrik dari California. Untuk saat ini, unit terbaru mereka hanya disebut Pickup Truck. Pikap Canoo menjanjikan lebih dari 500 tenaga kuda dan jangkauan setidaknya 200 mil, lebih kecil dari yang biasanya ditemukan di segmen pikap ukuran menengah dengan dua kaki lebih pendek dari Ford Ranger.

Canoo mengatakan pikapnya akan ditawarkan dengan bak pikap berukuran enam hingga delapan kaki dengan pra-pesan yang sudah dibuka saat ini dengan proses produksi dimulai sekitar tahun 2024.

6. Dodge Charger Daytona SRT EV
Dodge bertekad untuk menjaga agar mobil itu tetap relevan di era listrik. Konsep Dodge Charger Daytona SRT berjalan pada arsitektur listrik 800 volt yang disebut Banshee dan meskipun detail performa masih sangat ringan, pembuat mobil tersebut berjanji bahwa beefcake EV pertamanya akan melampaui performa Hellcat.

Transmisi multi-kecepatan diharapkan dapat menjaga sebagian sifat otot mobil tetap hidup. Tetapi, teknologi yang paling menarik sejauh ini adalah sistem pembuangan Fratzonic yang menggunakan pipa untuk meningkatkan suara EV hingga mencapai 126 desibel.

7. Lotus Emeya
Lotus memperluas jajarannya lewat Emeya, sebuah sedan listrik mewah yang diklaim akan menyaingi Porsche Taycan dan Lucid Air. Emeya menampilkan siluet ramping dan aerodinamis dengan gaya yang tajam.

Di balik bodi terdapat baterai 102,0 kWh yang diperkirakan mampu menjangkau jarak antara 260 dan 315 mil. Dua powertrain akan tersedia untuk mobil dasar dengan tenaga 603 hp dan torsi 523 pon-kaki, serta mobil dengan jangkauan tertinggi 905 poni dan 727 pon-kaki dengan transmisi dua kecepatan.

Varian tersebut akan mencapai 62 mph dalam waktu kurang dari 2,8 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi 159 mph. Kabinnya menampilkan desain menawan yang serupa dengan SUV listrik Eletre milik perusahaan.

Penjualan dimulai pada tahun 2024 dengan harga diperkirakan mencapai 100.000 dolar AS atau Rp 1,5 miliar.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit