logo batamtoday
Kamis, 29 Februari 2024
Pasang Iklan


Bawaslu Batam Gelar Apel Siaga Mengawali Pengawasan Kampanye Pemilu 2024
Selasa, 28-11-2023 | 13:48 WIB | Penulis: Aldy
 
Apel siaga Bawaslu Batam di Komplek Ruko King Bussines Centre (KBC) Blok C1 No 17-19 Batam Centre, Selasa (28/11/2023). (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Bawaslu Kota Batam menggelar apel siaga tahapan kampanye di depan Kantor Bawaslu, Komplek Ruko King Bussines Centre (KBC) Blok C1 No 17-19 Batam Centre, Selasa (28/11/2023).

Apel siaga ini menyusul, jadwal kampanye Pemilu 2024 telah dimulai hari ini. Di mana, KPU menjadwalkan masa kampanye selama 75 hari ke depan atau hingga 10 Februari mendatang.

Ketua Bawaslu Batam, Antonius Itolaha Gaho, mengatakan apel ini merupakan titik awal pengawasan selama masa kampanye berlangsung. Bawaslu bersiap untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

"Pemilu harus langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Ditambah dua lagi yaitu tranparansi dan akuntabel. Untuk itu, Bawaslu siap mengawasi jalannya pemilihan mendatang," kata Antonius dalam sambutannya.

Bawaslu berharap Pemilu berjalan sesuai dengan tagline tersebut. Termasuk di Kota Batam, mulai dari masa kampanye hingga tahapan lainya akan berjalan lancar dan aman.

"Ke depan akan ada tugas berat, untuk itu kita semua berharap, pesta demokrasi ini berjalan lancar dan aman," imbuhnya.

Antonius menyebutkan, hal yang diawasi selama masa kampanye adalah pemasangan alat peraga kampanye (APK) baik di rumah ibadah, hingga kantor pemerintahan. Selain itu, pihaknya juga akan mengawasi terkait penyebaran berita hoaks jelang Pemilu berlangsung.

Ia mengakui hoaks sangat berpengaruh terhadap Pemilu. Berita yang belum tentu benar sering mempengaruhi dan menyebabkan konflik. Ia juga menyiapkan tim pemantau media sosial peserta Pemilu.

"Ini juga tugas kami. Kami juga mencatat aktivitas pelanggaran di media sosial. Termasuk yang melibatkan ASN, maupun masyarakat lainnya," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid, mendukung Bawaslu Batam dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024 mendatang. Sehingga Pemilu berjalan kondusif dan aman.

"Tentu kita juga berperan mengawasi jalannya pesta demokrasi. Harapannya semua berjalan sesuai aturan, dan tidak ada pelanggaran," kata Jefridin.

Khusus untuk ASN di Kota Batam, lanjut Jefridin, pihaknya terus mengingatkan agar semua ASN untuk menjaga netralitas selama masa kampanye hingga pemilihan berlangsung. "Untuk ASN Batam, pengawasan ada di inspektorat dan BKPSDM," ungkapnya.

Disinggung terkait sanksi bagi ASN yang melanggar, Jefridin menambahkan, akan ada sanksi ringan, sedang dan berat. Untuk sanksi ASN yang melanggar sudah diatur dalam ketentuan.

Ia meminta kepada ASN menjaga netralitas agar bisa menciptakan suasana pemilihan yang kondusif. "Teguran hingga pemberhentian pastinya. ASN memiliki peran untuk mensukseskan jalannya Pemilu. Selain itu, ASN diminta jangan terpancing menanggapi informasi di media sosial," pungkas Jefridin Hamid.

Editor: Gokli

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit