logo batamtoday
Kamis, 29 Februari 2024
Pasang Iklan


Komjen Suhardi Alius Bangun Dua Masjid Dipersembahkan untuk Ayah Bunda
Sabtu, 16-09-2023 | 08:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Pakar Komunikasi dan Motivatior Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Komjen Pol Purn Suhardi Alius. (Foto: J5NEWSROOM.COM)  

BATAMTODAY.COM, Padang - Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengagumi mantan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri periode 2013-2015 dan mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Purn Suhardi Alius.

Alasannya, karena Suhardi Alius membangun dua masjid yang dipersembahkan khusus untuk ayahanda dan ibundanya. Semua masjid itu telah digunakan masyarakat.

Kekaguman itu disampaikan Dr Aqua Dwipayana langsung kepada Suhardi. Baik lewat telepon maupun ketika mereka ketemu langsung.

"Selamat Uda Hardi karena telah membangun dua masjid yang diberi nama almarhum bapak dan almarhumah ibu. Saya kagum sekali sama Uda Hardi," kata Dr Aqua Dwipayana yang memanggil 'Uda Hardi' kepada Suhardi.

Bapak tiga anak itu membangun masjid untuk ketujuh kalinya. Masjid yang dibangun pria santun asal Ranah Minang itu diresmikan pada Senin pagi 11 September 2023.

Hadir dalam peresmian tersebut Dr Aqua Dwipayana dan para tokoh lainnya. Setelah berdiri megah Masjid Hajjah Alisma Alius di Batang Barus Kabupaten Solok yang dibangun Mei 2022 lalu, Suhardi kembali membangun sebuah masjid di Tabek Rangguang, Jorong Linjuang, Koto Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Masjid dengan nama Haji Alius dibangun satu lantai dan dilengkapi dengan satu menara. Desainnya mirip dengan masjid yang pertama.

Peletakan batu pertama Masjid Haji Alius ---nama almarhum bapaknya Suhardi-- pada Kamis 16 Maret 2023 oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, Bupati Solok Epyardi Asda, dan Suhardi.

Masjid tersebut menjadi yang ketujuh dibangun Suhardi setelah sebelumnya meresmikan Masjid Hajjah Alisma Alius ---nama almarhum ibunya Suhardi--- di Nagari Batang Barus. "Adapun masjid pertama saya bangun saat saya jadi Kapolres Depok pada tahun 2001," kata Suhardi.

Saat di Sydney Terima Undangan

Pada Sabtu malam 2 September 2023 sekira pukul 18.30 WIB, Dr Aqua Dwipayana sejatinya masih berada di Kota Sydney Australia. Saat itu, waktu di 'Benua Kangguru' sudah menunjukkan pukul 21.30 malam waktu setempat.

Melalui WhatsApp (WA), doktor komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu menerima undangan peresmian Masjid Haji Alius dari teman akrabnya Suhardi. Saat itu pembicara laris tersebut bersama keluarga baru tiba di Sydney dari Gold Coast.

Begitu membaca undangannya dan melihat pada Senin 11 September 2023 jadwalnya masih kosong, Dr Aqua Dwipayana langsung memutuskan untuk memenuhi undangan itu. Hal tersebut disampaikan ke Suhardi. Dirinya sangat antusias menerima undangan dari salah seorang karibnya itu. Sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi seorang Dr Aqua Dwipayana untuk antusias dan menyengajakan diri memenuhi undangan dari siapapun untuk bersilaturahim. Apalagi undangan tersebut datang dari karibnya.

"Uda Hardi, terima kasih untuk undangan peresmian Masjid Haji Alius. Saat ini saya sekeluarga masih di Sydney. Insya Allah saya hadir. Minggu sore atau malam saya sudah berada di Padang," ujar Dr Aqua Dwipayana.

Sebelumnya Suhardi telah mengirimkan undangan serupa lewat WA di telepon genggam milik Dr Aqua Dwipayana. Namun karena tiba-tiba teleponnya rusak sehingga kembali dikirim melalui nomor yang lain.

"Assalamu'alaikum Uda Aqua. Kemarin awak kirim undangan peresmian masjid. Sudah terima ya? Kalau ada waktu aja Uda Aqua datang. Telah awak kirim ke nomor Uda Aqua yang satu lagi yakni nomor belakangnya 3895," tulis Suhardi lewat WA.

Dr Aqua Dwipayana belum sempat membaca undangan itu, namun telepon genggamnya terlanjur rusak. Sehingga minta tolong ke Suhardi untuk mengirimkan ke nomor yang lain. Sebelum menerima dan membaca undangan itu, Dr Aqua Dwipayana memang telah berniat untuk hadir. Apalagi Suhardi adalah teman akrabnya.

Selain itu, saat peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut, doktor lulusan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran itu tidak hadir. Juga hal yang sama ketika acara serupa dan peresmian masjid atas nama Ibunda Suhardi, Hajjah Alisma Alius di Batang Barus Lubuk Selasih Kabupaten Solok.

Sambil bercanda saat komunikasi lewat telepon, Suhardi berucap kepada Dr Aqua Dwipayana. "Awak sengaja mengundang Uda Aqua untuk menghadiri peresmian masjid atas Haji Alius. Khawatir kalau tidak awak undang, Uda Aqua marah sama Hardi."

Mampir di Masjid Hajjah Alisma Alius

Pada Senin pagi 11 September 2023 pukul 10.00 WIB, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri didampingi Suhardi dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono meresmikan masjid itu. Sebelumnya Dofiri mampir dulu ke Masjid Hajjah Alisma Alius untuk melaksanakan salat dhuha.

Banyak pejabat dan tokoh yang hadir di acara itu. Mereka sebelumnya sudah menyampaikannya ke Suhardi. Ada yang menginap di Padang. Namun ada juga yang Senin pagi langsung dari Jakarta. Siangnya seusai peresmian masjid mereka kembali ke Jakarta.

Dr Aqua Dwipayana telah tiba di Padang dari Jakarta pada Minggu sore bersama abang kandungnya Ikhsyat Syukur. Selama di ibu kota Sumbar itu mereka menginap di Hotel Santika Premiere.

Pada Minggu malam 10 September 2023, mereka menghadiri undangan makan malam Suhardi di Resto Manangkabau Kota Padang.

Setelah menyelesaikan pembangunan masjid atas nama ibunya Hajjah Alisma Alius di Batang Barus Kabupaten Solok, Suhardi kembali membangun masjid di kabupaten yang sama. Terletak di Tabek Rangguang, Jorong Linjuang, Koto Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Pembangunan kedua masjid megah yang diberi nama orang tuanya itu sebagai wujud bakti Suhardi kepada mereka yang telah meninggal. Sampai sekarang jenderal polisi yang sangat rendah hati itu telah membangun tujuh masjid. Pertama kali lokasi masjidnya di Depok, Jawa Barat.

Pembangunan masjid Haji Alius ditandai dengan peletakan batu pertama pada Kamis 16 Maret 2023 oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, Bupati Solok Epyardi Asda dan Suhardi Alius yang melanjutkan dengan penandatanganan prasasti.

Banyak tokoh dan pejabat yang hadir ketika itu. Mereka di antaranya Rektor UNP Prof Ganefri, Wadan Lantamal II Padang Kolonel Marinir TNI Andri Prasetyo, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo, Dirut Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, dan Direktur Taspen Antonius Nicholas.

Bupati Solok Epyardi Asda bersyukur dengan bertambahnya jumlah masdjid di wilayah Kabupaten Solok. Dengan semakin banyaknya masjid, akan memudahkan masyarakat untuk beribadah. Terpenting adalah menjaganya agar tetap bersih, di samping memanfaatkannya untuk sholat berjamaah.

"Karena lokasi masjid Haji Alius sangat strategis di lingkungan masyarakat, semoga nantinya banyak dikunjungi oleh masyarakat. Disamping kegiatan ibadah dan keagamaan," ujar Epyardi Asda.

Sementara Suhardi berharap masjid yang dibangunnya bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Itu sesuai dengan niatnya membangun masjid tersebut.

Sedang Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono mengungkapkan, institusi Polri sangat bangga dengan pembangunan masjid yang dilakukan Suhardi. Itu merupakan bentuk amal jariyah yang pahalanya akan terus mengalir selama dimanfaatkan oleh jamaah.

Peresmian Masjid Hajjah Alisma Alius

Sebelumnya, Selasa 10 Mei 2022 -bertepatan dengan ulang tahun Suhardi ke-60 ---Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono meresmikan Masjid Hajjah Alisma Alius di Batang Barus Lubuk Selasih Kabupaten Solok.

Gatot mengapresiasi pendirian masjid tersebut yang dibangun oleh Suhardi. Sarana ibadah yang dibangun akan membawa manfaat yang luar biasa bagi masyarakat sekitar dan musafir.

"Selamat untuk Pak Suhardi Alius dan masyarakat. Beliau telah menyelesaikan pembangunan masjid yang ke-6 ini. Semoga menjadi ladang amal yang terus mengalir pahalanya," kata Gatot.

Sementara, Suhardi mengatakan masjid tersebut dibangun dalam waktu lebih kurang 5 bulan. Pembangunan masjid juga mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Alhamdulillah, masjid ini bisa rampung dibangun dalam waktu yang tidak lama. Semoga bisa dimanfaatkan oleh siapa saja untuk beribadah dan kegiatan positif lainnya. Mohon dirawat," kata pria yang memiliki jaringan pertemanan sangat luas itu.

Peresmian masjid ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gatot yang didampingi Suhardi. Dilanjutkan penarikan tirai nama masjid.

Hadir dalam peresmian itu Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof Rycko Amelza Dahniel, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa P, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, beserta pejabat utama Polda Sumbar.

Selain itu hadir Rektor Unand, Prof. Yuliandri, Bupati Solok Epyardi Asda dan Kapolres Solok, AKBP Apri Wibowo.

Editor: Dardani

KPU BATAM

KPU BATAM

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2023 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit