logo batamtoday
Senin, 15 Juli 2024
BANK BRI


Makanan dan Minuman yang Baik Dikonsumsi saat Sahur
Senin, 03-04-2023 | 20:00 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat menjalankan puasa Ramadhan, lapar dan haus adalah rasa yang tak terelakkan. Oleh sebab itu, agar kuat puasa sepanjang hari, menu sahur harus benar-benar diperhatikan. Pertanyaannya, apa saja makanan dan minuman yang baik saat sahur?

Rasa lapar dan haus saat puasa dapat mengganggu konsentrasi dan kinerja saat melakukan berbagai aktivitas maupun ibadah lainnya. Padahal, makanan yang dikonsumsi saat sahur juga menentukan kelancaran ibadah puasa.

Jika salah memilih makanan saat sahur, bukan tidak mungkin orang yang berpuasa akan merasa lemas, loyo, dehidrasi, dan mengalami keluhan lainnya.

Berikut makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan ini bisa dikombinasikan dengan makanan sehat lain agar nutrisi yang didapat tubuh semakin lengkap.

1. Telur
Telur kaya akan protein dan rendah kalori. Dua nutrisi ini membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Telur pun bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus, diorak-arik, atau dikombinasikan dengan makanan lain seperti roti.

Manfaat lain dari telur yang bisa didapatkan adalah membantu menurunkan berat badan, membangun massa otot, dan menjaga kesehatan jantung karena rendah lemak.

2. Oatmeal
Oatmeal tinggi protein dan karbohidrat. Salah satu manfaat dari makanan berprotein adalah memberikan Anda banyak energi.

Anda dapat membuat smoothie oatmeal dengan menambahkan pisang dan susu. Anda juga dapat menambahkan kacang-kacangan yang juga membuat perut tidak cepat lapar.

3. Ikan
Kandungan omega-3 dalam ikan penting untuk daya tahan tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah Anda sakit saat menjalankan puasa. Selain itu, ikan juga kaya akan protein.

Protein dapat menjaga massa otot tubuh dan meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Protein akan menghasilkan energi jika cadangan energi dalam tubuh, yakni berupa glukosa di hati, otot, dan lemak sudah tidak mencukupi.

4. Ayam
Tak hanya ikan, asupan protein yang bisa dimakan saat sahur adalah ayam. Ayam juga memiliki nutrisi penghasil energi yang membantu tubuh fit selama puasa. Sebaiknya olah makanan tersebut dengan tidak menggorengnya agar tidak membuat tenggorokan sakit.

5. Buah-buahan dan sayuran
Makanan dan minuman yang baik untuk sahur lainnya adalah buah dan sayur. Buah-buahan dan sayuran kaya mineral dan vitamin, sehingga membantu seseorang merasa berenergi. Selain itu, buah dan sayur juga dapat membantu seseorang tetap terhidrasi karena kandungan airnya.

Beberapa buah dan sayur yang dapat dikonsumsi saat sahur yakni semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, alpukat, dan seledri. Jika ingin mencampurkan semuanya, Anda dapat membuat salad dengan taburan kacang dan madu.

6. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat membuat Anda kenyang cukup lama. Kacang-kacangan mengandung sumber nutrisi alami meliputi protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Hal tersebut menjadikan kacang-kacangan cocok untuk jadi camilan ketika sahur maupun saat berbuka puasa. Kacang sehat yang bagus dimakan sebagai camilan antara lain kenari, almond, mete, pistachio, dan kacang tanah.

Anda juga dapat mencampurkan kacang dengan berbagai makanan lain untuk membantu perut tidak mudah lapar.

7. Air mineral
Air putih adalah pilihan terbaik untuk tetap terhidrasi karena membantu menjaga suhu tubuh tetap teratur dan dapat membantu pencernaan.

Air putih merupakan minuman yang paling penting untuk dikonsumsi selama berpuasa. Pasalnya, air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan dapat membantu mengurangi rasa lelah.

8. Jus buah alami
Jus buah alami sangat bagus untuk memberikan energi dan mengisi kembali elektrolit dalam tubuh. Jus ini menyediakan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, kalium, magnesium, dan kalsium sehingga baik bagi orang yang berpuasa.

9. Teh herbal
Teh herbal termasuk ke dalam minuman yang baik saat sahur. Teh herbal dapat memberikan manfaat antioksidan dan membantu tetap waspada serta fokus sepanjang hari selagi berpuasa.

Teh herbal seperti chamomile atau jahe juga dapat memberikan hidrasi dan manfaat kesehatan tambahan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit