logo batamtoday
Sabtu, 22 Juni 2024
JNE EXPRESS


Wujudkan Batam sebagai Hub Logistik Nasional, BP Batam Segera Hadirkan 4 Unit Crane Kontainer
Kamis, 04-08-2022 | 12:04 WIB | Penulis: Aldy
 
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi usai membuka acara Pemeran Largest Marine Shipbuilding Exhibition 2022 di Hotel Radisson Sukajadi Batam, Rabu (3/8/2022). (Foto: Aldy)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi kembali menegaskan komitmennya mewujudkan Batam sebagai hub logistik nasional. Pelabuhan Batuampar akan diberlakukan sistem bongkar muat kontainer dengan teknologi, salah satunya menghadirkan crane kontainer.

Rudi menyampaikan, keadaan di Pelabuhan Batuampar saat ini, masih menggunakan metode lama. Batam yang berada di salah satu jalur kapal tersibuk di dunia, yaitu Selat Malaka, semestinya sudah wajib bersaing dengan negara tetangga yang sudah menggunakan teknologi bongkar muat yang canggih.

"Dengan sistem dan alat yang kita punya, hal itu tidak bisa memberikan kepastian waktu bongkar muat terhadap klien, yang menggunakan jasa pelabuhan di Batuampar," kata Rudi, usai membuka acara Pemeran Largest Marine Shipbuilding Exhibition 2022 di Hotel Radisson Sukajadi Batam, Rabu (3/8/2022).

Rudi menjelaskan, pada tahun 202, Pelabuhan Batuampar sudah melayani bongkar muat kontainer sebanyak 620 teus. Menurutnya dengan jumlah itu sudah baik. Namun, untuk persaingan sistem dan teknologi dengan negara tetangga itu belum memadai, oleh karenanya BP Batam akan menghadirkan 4 unit Crane Kontainer yang berbasis teknologi.

"Kita perkiraan Desember atau Januari nanti sudah masuk satu unit, paling lambat bulan Maret, sudah rampung. Saat ini sedang lelang, diperkirakan akhir 2023, semua sudah berjalan. Ini juga berkat kerja sama dengan PT Persero dan PPA," jelas Rudi.

Rudi mencontohkan, apabila suatu perusahaan atau kapal dari suatu negara, akan masuk ke Batam untuk melakukan kegiatan bongkar muat, sebelumnya mereka sudah menghitung, mulai dari perjalanan hingga kapal pandu. Saat itu pihak kita juga semestinya memberikan kepastian waktu lama bongkar muat di Pelabuhan Batuampar.

"Saat ini, dengan peralatan yang kita miliki, kita belum berani bilang pasti tidak pasti, biarpun semestinya kita harus memberikan kepastian kepada klien, terkait waktu bongkar muat," ucap Rudi.

Rudi menambahkan, dengan keterlibatan dan dukungan semua instansi terkait, maka untuk mewujudkan Batam sebagai Hub Logistik yang sesungguhnya akan terwujud dalam kurun waktu yang tidak lama. Tidak hanya logistik melalui Pelabuhan Batuampar, akan tetapi logistik melalui Bandara Internasional Hang Nadim juga segera diwujudkan.

"Hal ini kami lakukan, karena kami ingin memberikan kepastian pelayanan, baik pelayanan pemerintah maupun dari pihak swasta yang terlibat dalam bisnis logistik. Karena kepastian keamanan, kenyamanan dan waktu, itu menjadi penilaian tersendiri bagi investor," pungkas Rudi.

Editor: Gokli

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit