logo batamtoday
Kamis, 06 Mei 2021
PKP


6 Tanaman Hias Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak
Sabtu, 20-02-2021 | 12:20 WIB | Penulis: Redaksi
 
Tanaman lidah mertua.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lingkungan yang kurang nyaman bakal membuat tidur jadi tak nyenyak. Keberadaan beberapa tanaman hias di dalam kamar bisa membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sebagaimana telah diketahui, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan bahwa sejumlah tanaman populer seperti lidah mertua dapat membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruang.

PKP

Dengan manfaat tersebut, sejumlah tanaman dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang nyenyak. Kualitas tidur yang baik itu didapat dari kondisi lingkungan kamar yang sehat dan nyaman.

Tak hanya dari kemampuan tanaman untuk meningkatkan kualitas udara, aroma yang dikeluarkan tanaman juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Sejumlah aroma tanaman hias dapat memberikan efek menenangkan.

Ingin tidur lebih nyenyak? Maka coba-lah tempatkan beberapa tanaman hias di dalam kamar. Selain mempercantik kamar, keberadaan tanaman hias juga jadi menyehatkan.

Mengutip laman Start Sleeping dan ProFlower, berikut beberapa tanaman hias yang bikin tidur lebih nyenyak.

1. Melati
Tanaman melati memiliki bunga berwarna putih kecil yang cantik. Melati juga dikenal dengan aromanya yang khas dan memberikan efek relaksasi. Studi menunjukkan, aroma melati dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Melati merupakan tanaman yang membutuhkan sinar matahari. Tempatkan melati di jendela atau area yang memungkinkan tanaman mendapatkan sinar matahari langsung. Sirami secara teratur selama periode berbunga.

2. Gardenia
Gardenia merupakan tanaman wangi dari China dan Jepang yang terbukti bermanfaat untuk tidur. Peneliti Jerman menemukan, bahan kimia dalam bunga gardenia dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA yang memberikan efek relaksasi.

Gardenia membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung, setidaknya selama empat jam dalam sehari dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Jika kamar tidur Anda tak terlalu lembap, sirami gardenia secara teratur.

3. Lavender
Banyak bukti yang menunjukkan kekuatan aroma lavender dalam membantu tidur. Dikisahkan, sejumlah perempuan di era Victoria, mengisi bantal tidur mereka dengan lavender untuk memberikan efek menenangkan.

Namun, tanaman lavender membutuhkan sinar matahari penuh dan penyiraman yang dalam. Anda perlu memastikan kebutuhan perawatan tanaman agar lavender bisa terus memberikan manfaatnya.

4. Lidah mertua
Lidah mertua berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika, Asia, dan Eropa. Tanaman ini disebut ampuh menghilangkan racun dalam udara seperti formaldehida, benzena, xilena, toluena, dan trikloroetilen. Tanaman ini juga mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Lidah mertua tak membutuhkan sinar matahari langsung dan tak membutuhkan banyak air. Hal itu membuat lidah mertua sebagai salah satu tanaman anti-rewel.

Namun, perhatikan jangan sampai Anda menyiramnya terlalu sering. Paparan air berlebih dapat merusak akar tanaman.

5. Lidah buaya
Tak hanya terkenal akan manfaat kesehatannya, lidah buaya juga berfungsi sebagai pembersih udara. Anda bisa menempatkannya di salah satu sudut kamar yang terpapar cahaya matahari.

Lidah budaya bekerja dengan sangat baik saat terpapar banyak cahaya. Sirami setiap dua minggu sekali, setelah tanah dirasa mengering.

6. Peace lily
Peace lily termasuk ke dalam daftar tanaman pembersih udara versi NASA. Tanaman ini membutuhkan perawatan yang tak terlalu rumit.

Peneliti menemukan, peace lily efektif untuk menghilangkan toluene dan xylene dari udara. Peace lily juga menyerap spora jamur dari udara ke daun.

Bunga ini dikenal menyukai suasana teduh dan bisa bertahan hidup di dalam kamar meski tanpa jendela. Tanaman ini juga tak tahan dengan paparan angin dingin.

Siram saat daun mulai terkulai yang biasanya terjadi selama seminggu sekali.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit