logo batamtoday
Minggu, 21 Juli 2024
BANK BRI


Lanal TBK Panen Raya Ikan dan Sayuran Program Ketahanan Pangan TNI AL
Rabu, 10-07-2024 | 20:04 WIB | Penulis: Freddy
 
Danlanal TBK,Letkol Laut (P) Anro Casanova pimpin panen raya ikan program ketahanan pangan TNI AL. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun melaksanakan panen raya sayuran dan ikan air tawar program ketahanan pangan TNI AL di perkebunan komplek perumahan Lanal Tanjungbalai Karimun, Selasa (10/7/2024).

Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Anro Casanova mengatakan kegiatan panen raya ini dalam Program Ketahanan Pangan TNI AL 2024 ini dilaksanakan serentak di seluruh jajaran TNI AL yang dipusatkan di Provinsi Lampung yang dihadiri langsung Menteri Pertanian Republik Indonesia dan Wakil KSAL.

Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan TNI AL dalam Program ketahanan pangan TNI AL untuk memberdayakan lahan-lahan yang ada di wilayah kerja satuan-satuan TNI AL di seluruh Indonesia.

"Sesuai dengan penekanan khusus dari KSAL Laksamana TNI Muhammad
Ali agar memberdayakan sekecil apa pun area yang ada di wilayah kerja satuan TNI AL untuk bisa dimanfaatkan dan bermanfaat dalam program ketahanan pangan," ujar Danlanal.

Danlanal juga menyampaikan, untuk panen raya program ketahanan pangan TNI AL kali ini, khususnya untuk Lanal Tanjungbalai Karimun telah berhasil melakukan panen raya ikan air tawar jenis nilai sebanyak 500 kg.

"Ikan yang berhasil dipanen ini sudah di bibit dan dibudidaya selama 7 bulan dan ini murni merupakan hasil kerja dari prajurit Lanal tanjungbalai Karimun," kata Danlanal.

Selain panen ikan, dilakukan juga panen sayur untuk jenis selada dan pokcai yang
jumlahnya kalinya puluhan ton dan melalui panen raya ,tim potensi maritim (Potmar) Lanal Tanjungbalai Karimun sudah bisa menyuplai hasil panen ke Pasar Puan Maimun dan tentunya hal ini bisa mengisi kebutuhan untuk masyarakat dan menekan inflasi melalui kecukupan suplai sayur dan ikan.

''Panen raya dalam rangka Program Ketahanan Pangan TNI AL ini sudah sejak 2022 lalu dilakukan dan panen yang pertama berhasil memanen sorgum, selanjutnya panen jagung dan sekarang ini ikan dan sayuran, selanjutnya akan dilakukan pembibitan untuk beberapa jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan mujair dan lele," Tutup Danlanal.

Editor: Yudha

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit