logo batamtoday
Minggu, 21 Juli 2024
BANK BRI


Sosok Politikus Santun Amsakar Achmad, Dari Dikucilkan Hingga Main Griliya
Sabtu, 06-07-2024 | 08:24 WIB | Penulis: Aldy Daeng
 
Calon Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan wakilnya Li Claudia. (Foto: Net)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Amsakar Achmad, sosok yang memiliki kepribadian santun di mata sebagain besar masyarakat Batam, saat ini tengah menjadi perbincangan hangat hampir disetiap sisi kehidupan warga Batam.

Terlebih saat detik-detik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang sudah di depan mata

Sempat meredup dalam fase hampir dua tahun terakhir, Amsakar Achmad yang terkenal sangat Humble di tengah masyarakat, baik dikalangan eksekutif, legislatif bahkan sampai kepada para jurnalis, pria kelahiran Lingga, Kepri ini seakan tidak memliki jarak kepada siapapun.

Bahkan tidak sedikit jurnalis merasa nyaman untuk melakukan sesi wawancara kepada sosok yang Belum lama ini mendapatkan gelar sebagai kakek.

Perjalanan politik dan birokrasi pemerintahan dari seorang alumni dari Universitas Riau (UNRI) sepertinya tak perlu diragukan lagi. Dari segi birokrasi, beliau meniti karir dari bawah, hingga mendapatkan posisi kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kota Batam.

Atas keberhasilannya memimpin Dinas yang bergensi tersebut, sepertinya, Muhammad Rudi (Walikota Batam) dua periode kepincut untuk meminang seorang Amsakar Achmad,hingga mereka berdua berkolaborasi dengan nama RAMAH (Rudi Amsakar Achmad), bahakan keduanya menjadi pasangan serasi memimpin kota Batam hingga dua periode.

Yang namanya politik, selalu ada pahit, manis dan tantangan yang mesti dihadapi. Sekira dua tahun sebelum Pilkada akan bergulir,susana politik sudah mulai terasa, bukan tanpa alasan, kedua sosiak ( Rudi dan Amsakar) sudah dipastikan tidak bisa bersatu sebagai Walikota Batam, karena terbentur aturan yang memaksimalkan pimpinan daerah hanya dua periode.

Dengan kondisi demikian, dibeberapa kesempatan, Amsakar Achmad mulai menegasakan dirinya akan siap maju untuk memimpin Kota Batam, dengan berbekal pengalaman dan sebagai Ketua Partai Nasdem Batam, dirinya memantapkan langkah jauh sebelum Pilkada digaungkan.

Saat berbincang santai dengan BATAMTODAY.COM di salah satu cafe di kawasan Batam Center, Sabtu (4/2/2023), Ketua DPD Partai Nasdem Kota Batam ini menyebutkan, bila direstui DPP Nasdem, dirinya tetap konsisten untuk bertarung di Pilwako Batam 2024 mendatang.

Hal ini dipertegas kala itu untuk menanggapi perihal kemunculan namanya dalam bursa pencalonan anggota DPR-RI Partai Nasdem. Ia menegaskan sampai saat ini masih fokus untuk pencalonan sebagai Wali Kota Batam.

Kendati demikian terkait kebijakan partai semua masih berproses. Ia meyakini akan ada keputusan terbaik dari partai.

"Saya yakin bahwa Ketua Umum DPP Nasdem, Surya Paloh akan mengambil keputusan yang bijak dan baik untuk di daerah nantinya," ujar Amsakar, Sabtu (4/2/2023) lalu.

Sifat konsisten sosok Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad ditunjukkan kembali saat dirinya usai bertemu langsung dengan Ketum Nasdem Surya Paloh.

Sesuai arahan Ketum, kata Amsakar, waktu itu, Partai NasDem tetap diminta solid dari pucuk pimpinan hingga ke akar rumput. "Secara keseluruhan itu lah intinya. Kami di daerah akan coba mewujudkan pengarahan dari Ketum Surya Paloh ini," ujar Amsakar Achmad, saat diberikan kejutan ulang tahun ke-55 oleh beberapa awak media di salah satu cafe di Batam Center, Selasa (1/8/2023).

Di hari yang spesial itu, Amsakar menjelaskan mengenai perjalanan karir politiknya. Baginya, saat ini tetap pada pilihannya untuk maju sebagai calon Wali Kota Batam pada Pilkada 2024 mendatang.

Hingga kini harapan dan doa terus mengalir dari relawan untuk mendukung langkah politiknya. Bahkan signal dukungan terus dirasakannya, baik dari Ketua Umum Surya Paloh maupun semua simpatisan dan lapisan masyarakat.

"Komitmen saya masih sama. Hanya saja untuk saat ini saya ingin membantu Partai NasDem meraih hasil terbaik. Kalau sekarang ada 7 kursi, ke depan kami akan berupaya lebih maksimal dan melebih capaian di Pemilu sebelumnya," bebernya.

Dari perjalanan politik seperti itu, elektabilitas sosok Amsakar kian meningkat, sehingga hadangan dan batu sandungan politik pun kian tak terelakkan. Dengan elektabilitas yang baik. Tidak membuat Enku Putri merasa senang. Bukan tanpa alasan, Walikota Batam Muhammad Rudi, juga tengah mempersiapkan sososk Marlin Agustina Rudi untuk didapuk sebagai Walikota Batam pada Pilkada 2024.

Beberapa strategi politik dimainkan, di internal Pemko Batam, mulai dari pengurangan porsi kegiatan dari agenda pemko Batam untuk Amsakar Ahmad, hingga kemunculan sosok Sekda Batam Jefridin Hamid yang digadang-gadang akan mendampingi Marlin Agustina Rudi, solah bukan rahasia umum lagi.

Perlahan tapi pasti, kegiatan sosok Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad seakan punah di agenda Pemko Batam. Akan tetapi hal itu tidak membuat sosok Amsakar Achmad untuk berhenti berbuat bagi masyarakat Batam.

Sejumlah agenda bertamu dengan masyarakat pun tatap Ia lakoni, meski diluar agenda resmi Pemko Batam. Bahkan bagi sosok Amsakar Achmad hal itu tidak menjadi penghalang untuk berinteraksi dengan Warga Batam.

Pola Griliya Amsakar seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Batam. Bak gayung bersambut, teidak sedikit paguyuban, OKP dan organisasi lainnya di Batam terus berkesinambungan memberikan dukungan kepada Amsakar Achmad untuk Maju sebagai Walikota Batam 2024.

Terlebih, saat usai pemilihan legislatif, seakan banyak perubahan peta politik di Kota Batam.

Teranyar dan mengejutkan, ketika sejumlah partai besar dan partai pemenan memberikan dukungan kepada Amsakar Achmad. Sekan memberinya energi postif yang luar biasa.

Hal yang sangat menarik, ketika Amsakar Achmad dipasangkan dengan sosok Kader DPP partai Gerindra Li Claudia Chandra yu saat ini lagi booming, seakan memberikan roh dan amunisi luar biasa bagi keduanya untuk memimpin Kota Batam pada periode selanjutnya.

Bak setali tiga uang, dukungan dari partai besar pun terus mengalir kepad pasang ini, seperti Partai Golkar, PKB, PPP tentunya partai Gerindra dan dipastikan akan ada lagi partai yang akan bergabung untuk mengusung pasangan Amsakar Achmad - Li Claudia Chandra.

"Saya optimis dari segala bentuk kerja keras pasti akan membuahkan hasil. Selagi kita berpedoman pada keikhlasan dan ketulusan serta keyakinan yang kuat. Insyaallah semua akan berjalan dalam koridornya. Saya selalu berpasan, mari kita junjung politik santun, jangan menyentuh tepian kain orang lain," ungkap Amsakar Achmad.

Pilkada tinggal sedikit bulan lagi. Seperti apa nantinya Pilkada Batam. Harapan semua masyarakat kiranya diberikan pemimpin terbaik untuk kota Batam yang dicintai.

Editor: Gokli

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit