logo batamtoday
Kamis, 25 Juli 2024
BANK BRI


Menuju Pilwako Batam 2024, Amsakar Diisukan Pindah ke Partai Golkar
Sabtu, 23-03-2024 | 17:08 WIB | Penulis: Aldy Daeng
 
Baliho Hj Marlin dan Baliho Amsakar-Irwansyah di kawasan Botania 1, Batam Center. (Aldy/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Usai perhelatan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara serentak, saat ini masyarakat akan kembali disuguhkan suasana politik, yakni pemlihan kepala daerah atau Pilkada.

Baik Pilkada tingkat provinsi maupun tingkat kota, sudah mulai bermunculan bakal calon yang akan bertarung di berbagai daerah provinsi, kota, dan kabupaten.

Tak terkecuali Kota Batam, termasuk salah satu yang menjadi sorotan nasional dalam pemilihan Kepala Daerah. Sebab, disamping berbatasan dengan negara tetangga, Batam juga memiliki mesin lain selain pemerintah kota yakni Badan Pengusaha (BP) Batam.

Periode yang lalu, dengan keputusan pemerintah pusat untuk menetapkan Wali Kota Batam ex-officio Kepala BP Batam. Siapapun yang menjadi Wali Kota Batam, secara otomatis akan menjadi Kepala BP Batam.

Apakah sistim ini akan berlaku lagi usai Pilkada nanti?. Tentunya hal itu adalah wewenang pemerintah pusat. Akan tetapi, Pilkada untuk Kota Batam tetap menarik bagi masyarakatnya yang tergolong majemuk ini.

Baliho Marlin Agustina Rudi, yang akan maju di Pilwako Batam sudah terpampang di mana-mana, dengan tagline #2024 Ga Asik Kan Kalau Pembangunan Batam Terhenti?.

Seakan baliho tersebut mengisyaratkan, bahwa sebagai istri dari Wali Kota Batam yang saat ini juga sedang menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepri, siap untuk bertarung memperebutkan kursi Batam 1. Akan tetapi, saat ini Marlin Agustina sudah loncat dari Partai Nasdem ke Gerindra, artinya ia dan suaminya berbeda partai.

Fenomena lain adalah, Ketua DPD Nasdem Batam Amsakar Achmad, yang saat ini juga masih menjabat sebagai Wakil Walikota Batam, juga dikabarkan akan maju melalui jalur independen, yang akan berpasangan dengan Irwansyah. Baliho Amsakar-Irwansyah pun terpampang di hampir seluruh pojok Kota Batam.

Bahkan teranyar, beredar isu bahwa sosok Amsakar Achmad akan berlabuh ke Partai Golkar. Mungkinkah jalur independen tidak mendokrak elektabilitas?. Lalu masyarakat bertanya-tanya, siapa yang akan diusung oleh Partai Nasdem? Sementara partai besutan Surya Paloh itu adalah sebagai partai pemenang di Kota Batam, dengan capaian 10 kursi di DPRD Batam.

Tanggapan Sekretaris DPW Nasdem Kepri, Muhammad Kamaluddin, terkait hal ini pun seakan belum bisa memberikan penjelasan yang berarti.

"Kalau untuk Pilkada akan dibahas setelah lebaran, kalau yang akan maju (Pilkada Batam) ya Marlin Agustina, (padahal Marlin adalah kader partai Gerindra), tapi kalau partai belum menunjuk," ucap Muhammad Kamaluddin, Jumat (22/3/2024).

Bahkan Kamaluddin juga tidak menampik telah mendengar isu kepindahan Ketua DPD Nasdem Batam Amsakar Achmad ke Partai Golkar.

"Pak Amsakar juga kabarnya sudah di Golkar. Tapi sejauh ini, belum ada perubahan apapun di internal," sebut Muhammad Kamaluddin.

Menanggapi kepindahan Amsakar Achmad ke Partai Golkar, Ketua DPD partai Golkar Batam Muhamamd Yunus Muda mengaku belum mendapatkan informasi tersebut. Terlebih pada isu yang beredar bahwa Amsakar Achmad telah bergabung ke partai beringin.

"Belum ada sampai ke saya informasi itu. Mungkin masih isu," ucap Muhammad Yunus Muda, melalui sambungan telepon.

Editor: Yudha

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit