logo batamtoday
Senin, 15 Juli 2024
BANK BRI


Perhatikan Sebelum Beli, Ini Ciri-ciri Mesin Mobil Bekas yang Masih Bagus
Jumat, 29-09-2023 | 19:04 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mobil bekas merupakan opsi menarik bagi yang berencana membeli kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski kondisinya bekas, salah satu hal utama yang harus dipastikan kesehatannya adalah mesin. Jangan sampai tertipu harga miring atau penampilan ciamik, dapur pacu dari mobil tentu hal penting untuk diperhatikan kondisinya.

Dilansir dari Auto2000 ada sejumlah ciri-ciri dari mobil bekas yang mesinnya tergolong sehat atau masih bagus. Tercatat ada beberapa ciri dan semuanya dapat diperhatikan langsung tanpa perlu alat diagnosa.

1. Performa yang Baik Saat Menanjak
Setelah mengecek riwayat servis, kita juga dapat langsung melakukan pengetesan terhadap mobil bekas yang hendak dipinang.

Salah satu tes yang dapat dilakukan adalah mencobanya di rute menanjak. Menurut Auto2000, mesin mobil yang sehat akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk menaklukkan tanjakan dengan mudah.

2. Tidak Ada Indikasi Kebocoran Pada Oli dan Bahan Bakar
Hal yang juga dapat dilakukan untuk mengecek kesehatan mobil adalah melihat di daerah kolong mesin atau kaki-kakinya. Jika ada indikasi kebocoran oli atau bahan bakar, maka kita patut curiga.

"Kebocoran pada oli dan bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang besar," ujar Auto2000.

3. Getaran Mesin dan Warna Asap Kendaraan Masih Normal
Ciri lain dari mesin mobil bekas yang sehat adalah dari getaran dan warna asapnya. Mesin yang sehat tidak akan menghasilkan getaran berlebih dan akan mengeluarkan asap yang tipis saat dipacu.

"Jika warna asap kendaraan normal, artinya mesin mobil masih dalam kondisi baik dan tidak menghasilkan emisi yang berlebihan," tulis Auto2000.

4. Lampu Indikator Tidak Menyala
Mobil kekinian yang sudah menggunakan teknologi injeksi akan mengeluarkan peringatan dengan lampu indikator yang menyala ketika ada masalah. Sehingga penting untuk mengecek lampu indikator yang terletak di instrumen kluster atau speedometer-nya.

"Lampu indikator yang menyala tentu menandakan adanya kondisi yang tidak normal pada mesin," tulis Auto2000.

5. Stick Oli Masih Bagus
Hal lain yang juga dapat dicek untuk mengetahui kondisi kesehatan mesin dari mobil bekas adalah dari dip stick oli. Menurut Auto2000, Oli yang masih bagus dapat menjadi tanda-tanda mesin mobil yang terawat dengan baik dan juga sehat.

Penting juga untuk menilik kebersihan oli dari kekentalan dan juga warnanya. Serta melihat kondisi oli ada di takaran yang seharusnya.

6. Memiliki Riwayat Servis di Bengkel Resmi
Terakhir, mobil yang memiliki riwayat servis di bengkel resmi dan tercatat perawatannya dengan baik, dapat menjadi pertimbangan yang baik.

Sebab bengkel resmi umumnya memiliki standar yang baik dalam merawat mobilnya. Sehingga mobil bekas yang memiliki riwayat servis yang lengkap bisa dipastikan dirawat sesuai standar.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit