logo batamtoday
Kamis, 25 Juli 2024
BANK BRI


Peluncuran Moscow Central Diameter Merupakan Lompatan Perintis dalam Sistem Transportasi Global
Senin, 28-08-2023 | 10:17 WIB | Penulis: Paskalis RH
 
Pada 17 Agustus 2023, Moskow dengan bangga meluncurkan Moskow Central Diameter (MCD-3) ketiganya. (Ist)  

Ketika kota-kota di seluruh dunia mencari jaringan transportasi yang inovatif dan berkelanjutan. MCD menawarkan visi masa depan, menunjukkan bagaimana mobilitas perkotaan dapat ditata ulang. Inisiatif perintis Moscow bertujuan untuk membangun sistem metro permukaan yang secara mulus mengintegrasikan aglomerasi Moskow yang luas, menetapkan standar emas untuk solusi transportasi perkotaan.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pada 17 Agustus 2023, Moskow dengan bangga meluncurkan Moskow Central Diameter (MCD-3) ketiganya, yang menandai kemajuan luar biasa dalam arena mobilitas perkotaan bukan hanya untuk Rusia tetapi juga pada skala global.

Perkembangan ini menggarisbawahi komitmen kota untuk menyediakan transportasi yang efisien, berkelanjutan, dan modern bagi para komuternya. Diresmikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin, MCD berdiri sebagai proyek monumental dalam transportasi penumpang global.

"Pendiriannya bertujuan untuk membangun sistem metro permukaan untuk menghubungkan aglomerasi Moskow yang luas dengan lancar. Sebagai bukti keberhasilannya, hanya dalam waktu dua tahun sejak didirikan, MCD menyaksikan peluncuran dua bagian diameter pertamanya pada 21 November 2019. Sejak tonggak sejarah itu, MCD telah melayani lebih dari 600 juta penumpang, menggaungkan signifikansi dan efisiensinya yang tidak dapat disangkal," begitu siaran pers BW Communications, Senin (28/8/2023).

MCD-3 menjembatani distrik-distrik dengan pengalaman komuter yang lebih baik MCD-3 yang baru diluncurkan adalah bentangan jalur kereta api kolosal sepanjang 85 km yang menjembatani distrik barat laut dan tenggara Moskow. Jalur ini sudah memiliki 38 stasiun operasional, dengan penambahan 3 stasiun lagi - Mitkovo, Malino, dan Rizhskaya --yang akan segera direalisasikan.

Melayani 3,5 juta penduduk yang mengesankan, MCD-3 menghubungkan 24 distrik di Moskow dan 4 distrik tambahan di wilayah sekitar Moskow. Salah satu fitur yang menonjol dari MCD-3 adalah integrasinya dengan 21 koneksi transit, termasuk Big Circle Line dan Moscow Central Circle (MCC) yang terkenal.

Sinergi ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di tiga jalur metro yang sudah ada hingga 15%. Selanjutnya, operasi MCD-3 yang sukses menjanjikan pengurangan lalu lintas jalan raya yang signifikan, memperkirakan penurunan harian sebesar hampir 7.000 kendaraan.

Inisiatif ini sejalan dengan visi Moskow untuk lingkungan yang lebih hijau, yang bertujuan untuk mengurangi emisi berbahaya sebesar hingga 36.000 ton per tahun.

Dengan meningkatkan pengalaman perjalanan secara keseluruhan bagi para komuter, MCD-3 telah secara dramatis meningkatkan kapasitas penumpang hariannya dari 0,9 juta menjadi 1,9 juta. Dengan ini, wisatawan dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan lega, bahkan pada jam sibuk.

Selain itu, dengan peningkatan frekuensi layanan sebesar 1,5 kali lipat, penumpang hanya akan mengalami waktu tunggu minimal 5,5 menit antar kereta pada jam-jam lalu lintas padat. Peningkatan efisiensi ini dilengkapi dengan pengurangan yang besar dari biaya transportasi, yang berpotensi menurunkan hingga 3,5 kali lipat bagi penumpang reguler.

Moskow adalah visi masa depan dengan komitmen untuk mengoptimalkan pengalaman perjalanan Selain kehebatan teknisnya, koneksi Mitkovskaya telah diperbaharui secara menyeluruh.

Inisiatif ini berhasil menghubungkan jalur kereta api yang sebelumnya terisolasi tanpa menimbulkan gangguan pada lalu lintas yang sudah ada. Untuk lebih menyempurnakan pengalaman penumpang, jalur MCD-3 akan beroperasi dengan armada 11 kereta Ivolga dan 19 EP2D.

Selain itu, rute tradisional pinggiran kota akan segera mengalami transformasi modern, dengan rencana untuk menggantikan kereta lama pada tahun 2024. Inisiatif ini akan memastikan semua zona pinggiran kota jarak jauh memiliki 100% sarana perkeretaapian yang dimodernisasi. Saat ini, MCD bangga dapat beroperasi sepenuhnya dengan kereta api baru.

Ambisi Moskow tidak berhenti sampai di sini. Kota ini membayangkan serangkaian proyek masa depan, dengan sorotan termasuk pengenalan bagian diameter MCD-5, peningkatan konektivitas antara Moskow dan kota-kota besar di sekitarnya.

Editor: Gokli

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit