logo batamtoday
Sabtu, 22 Juni 2024
JNE EXPRESS


Jumat Curhat di Lembah Permai, Kapolres Karimun Sosialisasikan Polisi RW
Jumat, 26-05-2023 | 14:24 WIB | Penulis: Freddy
 
Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam beserta jajaran saat Jumat Curhat di Lembah Permai, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat, Jumat (26/5/2023). (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kapolres Karimun, AKBP Ryky W Muharam beserta jajaran menggelar Jumat Curhat di Lembah Permai, Kelurahan Darussalam, Kecamatan Merat Barat, Jumat (26/5/2023).

Dalam Jumat Curhat ini, selain mendengar keluh kesah warga, Kapolres Karimun juga berkesempatan mensosialisasikan Polisi RW yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Hal ini juga sejalan dengan pertanyaan Ketua RW 02 Lembah Permai, Jupriadi, terkait kedudukan Bhabinkamtibmas dengan Polisi RW. "Apakah Polisi RW kedudukannya sama dengan Bhabinkamtibmas?" tanya Jupriadi.

Tak lupa, Jupriadi juga mengapresiasi kinerja TNI-Polri khususnya Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang sangat respon dengan aduan masyarakat.

Dijelaskan Kapolres, Polisi RW pada dasarnya membantu Ketua RW untuk menyelesaikan permasalahan dan keluhan dari masyarakat sehingga dapat mempermudah/mencari solusi yang terbaik guna menjamin Kamtibmas yang kondusif.

Polisi RW dalam hal ini tergabung dalam fungsi apapun selain dari Bhabinkamtibmas dan apabila ada suatu kejadian dapat mempercepat memberitahukan ke Bhabinkamtibmas dan satuan fungsi apapun yang ada di Polres Karimun.

"Misalnya apabila ada kejadian kecelakaan lalu lintas, Polisi RW dapat langsung menghubungi Piket Laka Lantas. Pada intinya Polisi RW mempercepat komunikasi, respon dan bantuan," jelas AKBP Ryky W Muharam.

Sementara Ismira Soraya, Kader PKK Darussalam, menyampaikan sebagai masyarakat apabila melihat kecelakaan di jalan raya, kemudian membantu korban tersebut, kemana harus menghubungi nomor Call Centre Polisi?

"Paling utama apabila terjadinya suatu kecelakaan dan korbannya luka berat, wajib kita sebagai masyarakat menolong korban tersebut, karna hal yang dibantu adalah nyawa seseorang. Setelah itu dapat memberikan keterangan kepada petugas kepolisian khususnya Polantas untuk memberikan keterangan sebenarnya. Untuk Call Centre dapat menghubungi 110, di situ nanti ada petugas yang melayani laporan pengaduan dari masyarakat," jelas Kapolres.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Meral Barat agar tidak membakar lahan sembarangan. Polres Karimun sangat mengapresiasi kesadaran masyarakat Kecamatan Meral Barat untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

"Jangan segan-segan untuk menginformasikan ke Polsek Meral atau melalui media center kami yang ada di Polres Karimun yaitu Call Center 110. Kami selalu siap dan langsung menanggapinya," tutup Kapolres Karimun.

Turut mendampingi Kapolres Karimun, yakni Kabag Ops Kompol Shallahudin; Kapolsek Meral; Kasat Binmas; Kasat Intel; Kasat Reskrim dan Kasat Lantas.

Jumat Curhat ini juga dihadiri Lurah Darussalam, Jerry Muhammad Alfikri, para Ketua RW dan elemen masyarakat lainnya.

Editor: Gokli

Bawaslu Bintan

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit