logo batamtoday
Minggu, 05 Februari 2023
Pasang Iklan


Pemerintah Dorong Ketersediaan STB dengan Harga Terjangkau
Rabu, 25-01-2023 | 10:08 WIB | Penulis: Redaksi
 
Menteri Johnny G Plate saat rapat bersama perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023) lalu. (Kominfo)  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penghentian siaran televisi analog atau analog switch off (ASO) sudah berlangsung di 265 wilayah dari 514 wilayah. Pemerintah terus melanjutkan migrasi siaran televisi analog ke digital untuk 249 wilayah lain.

Guna mempermudah masyarakat menikmati siaran digital, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mendorong ekosistem industri menyediakan set-top box (STB) dengan harga terjangkau.

"Kita sudah melakukan Analog Switch Off di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau," jelasnya saat rapat bersama perwakilan kementerian, Lembaga Penyiaran Publik TVRI, penyelenggara multipleksing dan industri di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2023) lalu, demikian dikutip laman Kominfo.

Menkominfo mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat untuk mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital. "Kita minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup," ungkapnya.

Menkominfo menjelaskan dari sisi supply side berdampak pada harga STB di masyarakat. Oleh karena itu, perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau bagi masyarakat.

"Karena ada kelompok masyarakat yang membeli sendiri dan memasang sendiri sangat concern dengan ini, ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi," jelasnya.

Dalam rapat evaluasi Menkominfo didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti dan Dedy Permadi.

Hadir pula Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif, Staf Ahli Menteri Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, LPP TVRI, Gabungan Pengusaha Elektronika, dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit