logo batamtoday
Minggu, 05 Februari 2023
Pasang Iklan


Mengenal Tradisi Memasak di Momen Chinese New Year Ala MODENA
Rabu, 18-01-2023 | 10:36 WIB | Penulis: Aldy
 
Kompor tanam MODENA. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Perayaan Chinese New Year atau Imlek menjadi peringatan tahun baru dalam penanggalan kalender lunar, sehingga selalu dirayakan secara meriah di berbagai negara termasuk Indonesia. Dan salah satu ciri khas dari perayaan tersebut adalah memasak dan makan bersama.

Kepala cabang MODENA Batam, Yappar Darmawan, mengatakan Imlek menjadi momen berkumpulnya kembali keluarga besar dan menjalankan berbagai tradisi bersama. Walaupun tradisi Imlek dapat bervariasi di setiap keluarga, ada satu tradisi yang sama yaitu makan bersama di malam Imlek.

"Proses masak-memasak untuk persiapan makan malam ini biasanya sudah dimulai beberapa hari sebelumnya dibarengi dengan persiapan lainnya sesuai tradisi perayaan Imlek di setiap keluarga," ujar Yappar, Selasa (17/1/2023).

Yappar menjelaskan, beberapa tradisi dalam menjelang Imlek dalam acara masak memasak ala kompor tanam MODENA di antaranya:

1. Membersihkan dan Merapikan Peralatan Dapur

Membersihkan dapur dan rumah memang sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, bersih-bersih rumah hingga ke sudut-sudut ruangan yang jarang dijangkau menjadi salah satu agenda yang dilakukan bersama keluarga menjelang Imlek.

Di dapur sendiri, kegiatan bersih-bersih meliputi merapikan semua peralatan masak yang ada, mengelap seluruh permukaan hingga membersihkan debu dari alat masakan yang jarang digunakan. Bersih-bersih ini menjadi simbolis membuang energi negatif dan memulai energi baru yang positif untuk tahun baru.

Kompor sebagai alat yang selalu digunakan tentunya tidak boleh kelewatan untuk dibersihkan hingga ke bagian tungku kompor. "Salah satu keunggulan menggunakan kompor tanam MODENA adalah desainnya yang minimalis sehingga sangat mudah untuk membersihkan kompor," jelas Yappar.

Desain kompor tanam MODENA pun sudah membuat tampilan kompor dan dapur menjadi lebih rapi, contohnya kompor tanam MODENA tipe BH 1728 dengan rancangan desain yang memprioritaskan estetika.

2. Sajian Masakan untuk Leluhur

Setelah rumah sudah bersih dan rapi, tradisi yang biasa dilakukan sehari sebelum hari raya Imlek adalah sembahyang leluhur dengan tujuan mendoakan anggota keluarga yang sudah tiada.

Pada tradisi ini, akan disiapkan beberapa persembahan makanan dimeja khusus dengan ragam masakan yang disesuaikan dengan kesukaan leluhur semasa hidup. "Sembahyang leluhur ini merupakan sembahyang besar sehingga anggota keluarga akan menyiapkan beberapa masakan daging hingga sup dengan jumlah yang lebih banyak dibanding jumlah masakan pada hari-hari biasa," sambungnya.

Yappar melanjutkan, kaca kompor BH 1728 terbuat dari Tempered Crystal Glass dengan garansi seumur hidup yang membuat kompor menjadi lebih tahan lama terhadap temperatur panas. "Hal ini memungkinkan pengguna kompor untuk memasak makanan persembahan sembahyang, dengan durasi lama tanpa khawatir lapisan kaca kompor pecah karena panas api," terangnya.

3. Menu Masakan Khas

Adapun beberapa masakan yang selalu ada saat perayaan Imlek seperti ikan, mie panjang, bebek atau ayam utuh, sup delapan bentuk, dumpling dan beberapa menu lain sesuai dengan tradisi keluarga masing-masing.

Masakan-masakan ini melambangkan hal-hal baik yang diharapkan ada di tahun baru ini. Contohnya seperti masakan ikan yang dikukus utuh menandakan kesatuan keluarga, masakan ayam atau bebek yang melambangkan kesetiaan atau masakan mie panjang yang melambangkan umur yang panjang.

Cara memasak menu masakan yang berbeda ini dapat dimudahkan dengan penggunaan kompor BH 1728 dengan desain tungku berbentuk segi delapan yang dipercaya memiliki arti kemakmuran dan keberuntungan.

Tungku kompor ini memang dirancang khusus sehingga memungkinkan lebih banyak variasi peralatan masak sesuai dengan cara memasak hidangan Imlek, contohnya memasak sup dengan panci besar ataupun memasak mie panjang dengan wajan bulat.

Ditambahkannya, semua peralatan masak ini tetap dapat digunakan secara efisien dengan distribusi panas yang merata sehingga masakan lebih cepat matang. Kemudahan memasak dengan kompor tanam BH 1728 menjadikan waktu masak anda lebih hemat sehingga anda memiliki waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga.

"Untuk di kota Batam, anda sudah dapat menemukan langsung kompor tanam MODENA BH 1728 di toko-toko elektronik kesayangan anda," tutup Yappar Darmawan.

Untuk informasi dan tips lainnya, ikuti akun Instagram official MODENA di @modenaindonesia. Atau kunjungi website MODENA di [ modena.com ] untuk mengetahui informasi dan fitur-fitur canggih dari produk MODENA. Dan jangan lupa, untuk berbicara langsung dengan MODENA Customer Care dapat menghubungi Nationwide Call Center yang tersedia sepanjang tahun di nomer 1500715 atau WhatsApp di 0815-1150-0715.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit