logo batamtoday
Minggu, 05 Februari 2023
Pasang Iklan


Targetkan 9 Kursi di DPRD Batam, NasDem Siapkan 9 Bacaleg Setiap Dapil
Kamis, 12-01-2023 | 11:32 WIB | Penulis: Aldy
 
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, yang juga Ketua DPD Partai NasDem Batam. (Foto: Aldy)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai NasDem menargetkan 9 kursi di DPRD Batam pada Pemilu Serentak 2024. Untuk mencapai target itu, NasDem memberikan ruang kepada masyarakat yang akan berkompetisi dan menyiapkan 9 orang bakal calon legislatif (Bacaleg) di setiap daerah pemilihan (Dapil).

Ketua DPD NasDem Batam, Amsakar Achmad, menyampaikan saat ini partainya sedang konsen pada proses pencalegan, melakukan kebijakan melalui 'Nasdem Memanggil'. Disebutkannya, bagi masyarakat yang berminat silahkan mengisi formulir yang telah disediakan dan mengikuti aturan yang berlaku.

"Setelah proses itu, nantinya Bapilu yang akan menseleksi kepatutan, kelayakan dan kesiapan para kandidat untuk berkompetisi pada pertarungan legislatif ini," ujar Amsakar Achmad, usai rapat paripurna DPRD kota Batam, Rabu (11/1/2023) sore.

Amsakar yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Batam, menjelaskan segala persiapan terkait pencalegan sudah hampir rampung. Termasuk keterwakilan caleg perempuan sudah memenuhi kuota sesuai aturan yang berlaku.

Selanjutnya konsolidasi internal juga telah dilakukan. "Kami lebih fokus pada kandidat sekarang ini, dan rapat di tingkat DPD sudah selesai, dalam satu dua hari ini, kita akan melakukan rapat kembali di tingkatkan DPW," terangnya.

Disinggung terkait pencalonan pada eksekutif atau Pilkada 2024 mendatang, Amsakar masih menjawab secara politis. Baginya, perbincangan ke arah Pilkada akan dibahas setelah proses legislatif selesai.

"Perbincangan ke arah itu sementara tidak kami bahas sebagai topik di internal partai," katanya.

Saat ini, Amsakar melanjutkan, dengan rentan waktu yang tidak terlalu lama, maka Partai NasDem lebih fokus pada program jangka pendek. Setelah, Pileg selesai ada rentan waktu dan tidak terlalu lama, maka disaat itu internal partai akan membahas seperti apa langkah dan keputusan yang akan diambil pada kontestasi Pilkada 2024.

"Semua bergantung pada berapa capaian kursi di legislatifnya. Komposisi yang diamanahkan oleh konstitusi adalah 20 persen dari suara partai itu yang akan jadi partai pengusung untuk Pilkada nanti," jelasnya.

Ditanya terkait kesiapan Amsakar Achmad untuk maju pada Pilwako Batam 2024 mendatang, dengan tegas alumni UNRI ini menyatakan kesiapannya. Disaat para awak media menanyakan, bila Partai NasDem tidak merekomendasikan dirinya maju pada Pilkada nanti, apakah sejumlah partai akan siap untuk mendukung mantan Kadisperindag ini? Ia pun kembali menjawab secara politis, "itu masih prematur untuk dibahas."

"Jauh-jauh hari saya sudah menyatakan siap kalau ada pintu terbuka untuk itu. Namun, kalau ke arah itu tertutup, ya saya akan istirahat, mungkin saya kembali ke dunia akademisi atau menjadi apa saja yang penting bisa berguna bagi masyarakat," tutup Amsakar Achmad.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit