logo batamtoday
Kamis, 25 Juli 2024
BANK BRI


Kejadian Mirip Tragedi Kanjuruhan Terjadi di Itaewon, 151 Nyawa Melayang Akibat Berdesak-desakan dalam Perayaan Halloween
Minggu, 30-10-2022 | 10:32 WIB | Penulis: Redaksi
 
Tragedi perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan (Foto: Yonhap)  

BATAMTODAY.COM, Seoul - Peristiwa atau kejadian yang mirip tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang beberapa waktu lalu, yang menewaskan ratusan orang, terjadi di Itaewon, Korea Selatan, pada Sabtu (29/10/2022) malam.

Sebanyak ratusan orang tewas dalam tragedi perayaaan Halloween tersebut. Korban tewas mencapai 151 orang dari penduduk lokal hingga orang asing akibat berdesak-desakan.

Kejadian itu bermula saat warga mulai memadati kawasan Itaewon menggunakan sejumlah kostum horor dalam perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan. Malam yang seharusnya meriah justru berubah menjadi duka cita.

Dikutip dari Reuters, kebanyakan dari mereka sangat bersemangat untuk merayakan Halloween usai terhalang pandemi Covid-19 selama tiga tahun lamanya.

Sampai menjelang malam, para warga semakin banyak yang berdatangan. Hingga akhirnya, sekitar pukul 22.20 waktu setempat, kondisi semakin parah di salah satu jalan sempit yang menanjak.

Sejumlah orang yang sudah berada di bagian atas jalan ternyata terjatuh, menimpa warga di bawahnya. Lantaran hal itu, para pengunjung langsung panik hingga saling menginjak.

Petugas keamanan pun sampai harus bersusah payah menarik sejumlah orang dari kerumunan lantaran kondisinya sangat penuh.

Dari situasi tersebut, puluhan orang sudah terkapar di jalanan mengalami henti jantung, beberapa pengunjung dan petugas langsung melakukan CPR (cardiopulmonary resuscitation) sebagai pertolongan pertama.

Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan, Choi Sung-beom, mengungkapkan setidaknya ada 151 kematian telah dikonfirmasi, termasuk 19 orang asing. Adapun sebagian besar korban tewas dan terluka berusia 20-an.

Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol, juga langsung memerintahkan tim medis gawat darurat untuk segera meluncur ke lokasi kejadian.

Ia juga menegaskan bahwa semua tempat tidur di rumah sakit harus disiapkan untuk korban insiden ini. Menurutnya, persiapan tempat tidur di rumah sakit itu penting untuk meminimalkan potensi kematian.

"Ini benar-benar tragis," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Tragedi dan bencana yang seharusnya tidak terjadi terjadi di jantung kota Seoul tadi malam," Sambungnya lagi.

Pusat hiburan
Korea Selatan menjadi sorotan di perayaaan Halloween setelah viralnya kerumunan lautan manusia di kawasan Itaewon yang berujung meninggalnya para pengunjung di Sabtu malam (29/10/2022).

Kabar terakhir, sebanyak 151 orang meninggal dan puluhan lainnya luka-luka. Bahkan ratusan kabar orang hilang menggema di Seoul.

Itaewon bisa dibilang pusat hiburan malam terpopuler di Korea Selatan. Kawasan di sini berbentuk gang-gang kecil yang dipenuhi oleh bar, restoran, kafe tempat belanja hingga klub malam. Kawasan ini nomor tiga termahal di Seoul.

Semenjak adanya drama Itaewon Class, kawasan Itaewon semakin populer dikalangan wisatawan. Lebih 2.000 toko berjejer memamerkan beragam daya tarik yang menjadi buruan para turis.

Di sini pun ramai dikunjungi ekspatriat karena kedekatannya dengan Pangkalan Militer AS Yongsan Garrison di barat.

Jadi banyak bule-bule dari berbagai negara Amerika dan Eropa nongkrong di sini. Dan kawasan Itaewon juga memiliki banyak restoran asing.

Selain menjadi destinasi kuliner dan belanja, Itaewon juga memiliki Leeum, Samsung Museum of Art dan Masjid Itaewon. Nah, fakta menariknya adalah Itaewon merupakan pusat Muslim Korea Selatan lho.

Di Itaewon terdapat masjid megah yang terdiri dari tiga lantai yaitu Masjid Raya Seoul yang dibuka pada tahun 1976. Masjid ini berada di Hannam-dong, Distrik Yongsan. Jadi di sekitar masjid menjadi rumah bagi umat Muslim pendatang maupun Korea Selatan. Tentu saja banyak restoran Halal yang bisa ditemukan di sekitar sini.

Itaewon pun menjadi daerah unik tersendiri karena keberagamannya. Sering orang bilang, Itaweon bukan di Korea Selatan karena keberagaman orang di dalamnya.

Sebagai pusat hiburan malam, kaula muda selalu mendatangi kawasan ini di setiap momen penting seperti Halloween.

Namun siapa sangka, Halloween tahun ini menjadi mencekam karena banyak orang meninggal karena berdesakan melawan arus manusia.

Jika traveler perhatikan di dunia maya, beredar video dan foto bagaimana orang-orang memadati Itaewon di perayaan Halloween.

Saking ramainya, tak ada celah untuk orang bergerak hingga terjadilah dorong-dorongan demi keluar dari padatnya manusia.

Tragisnya, lebih dari seratus orang meninggal karena gagal jantung hingga kehabisan nafas karena terjepit di keramaian. Kejadian ini terjadi di gang sempit yang berada di sebelah landmark Hotel Hamilton.

Gang sempit yang sedikit menanjak ini menjadi titik temu tamu hotel dan kerumuman dari pintu keluar 1 dan 2 stasiun kereta bawah tanah Itaewon.

Korban terus berjatuhan, kabar orang hilang terus bertambah membuat Halloween di Itaewon menjadi mencekam.

Sumber: Detik
Editor: Surya

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit