logo batamtoday
Sabtu, 22 Januari 2022
PKP


Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Bintan Adakan Pustaka Keliling dan Apung
Selasa, 11-01-2022 | 17:36 WIB | Penulis: Harjo
 
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Bintan, Edi Pribadi. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Bintan - Membaca tidak mengenal usia. Dengan membaca, wawasan akan berkembang, ilmu pengetahuan akan bertambah. Hal ini yang bakal diwujudkan Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Bintan, Edi Pribadi menyampaikan, saat ini minat baca masyarakat masih sangat rendah. Ini disebabkan, akses masyarakat terhadap bahan baca masih terbatas.

Untuk itu, Edi berkeinginan agar perpustakaan yang sudah ada di Bintan menjadi tempat hiburan yang ramai dikunjungi masyarakat dengan berbagai bahan bacaan. "Kita juga akan membuat program jemput bola dengan Pustaka Keliling dan Pustaka Apung," kata dia, Selasa (11/1/2022).

Pustaka Keliling, jelas Edi, nantinya akan bergerak ke sekolah-sekolah, komutitas dan tempat lain di daratan Bintan. Sementara Pustaka Apung, diperuntukkan untuk masyarakat di pulau-pulau.

"Kita juga mendorong Pemerintah Desa ikut serta mengembangkan perpustakaan desa dan komunitas untuk membuat taman baca di perkampungan," harapnya.

Lanjutnya, Perpustakaan Bintan sejak dibuka beberapa tahun lalu, masih terus menerima kunjungan pihak yang ingin membaca. Hanya saja, kunjungan ini masih didominasi pelajar, untuk masyarakat umum lainnya, belum ada.

"Harusnya kan membaca tak mengenal usia. Nah, ini yang mau kita lakukan agar minat baca masyarakat Bintan bisa meningkat," jelasnya.

Saat ini, ribuan jenis buku mulai dari akademis, pengetahuan, keagamaan, budaya, kuliner, cerita fiksi, novel, komik, serial bacaan dan sebagainya bisa dijumpai di Perpustakaan Bintan yang menyerupai tanjak raksasa ini.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit