logo batamtoday
Kamis, 21 Oktober 2021
PKP


KPU dan Pemkab Karimun Sepakat Sukseskan Progam Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan
Kamis, 14-10-2021 | 19:24 WIB | Penulis: Freddy
 
Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Komisioner KPU Kepri, Parlindungan Sihombing saat menandatangani MoU program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3), Kamis (14/10/2021). (Foto: Freddy)  

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun sepakat untuk mewujudkan program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3).

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara KPU Provinsi Kepulauan Riau, dilakukan Parlindungan Sihombing dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Kamis (14/10/2021).

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di Kantor Bupati Karimun disaksikan secara daring oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra dan Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati serta dihadiri Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko dan komisioner lainnya serta Sekda Karimun dengan Kepala OPD terkait.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan, demokrasi yang sudah berjalan selama ini cukup baik, tetapi perlu adanya peningkatan dan perubahan yang dilakukan sebagaimana terobosan yang dilakukan KPU RI melalui KPU Provinsi Kepri yang melibatkan Pemerintah Daerah seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Karimun dan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang ditunjuk sebagai pilot projek pelaksanaan DP3 di Kepri.

"Kita menyadari pentingnya peran demokrasi untuk menciptakan bagaimana menghasilkan demokrasi yang bersih, berkualitas, berintegritas dari orang yang diberi amanah oleh masyarakat, baik secara kuantitas dan kualitas yang tentunya setiap tahun dilakukan evaluasi dan terus dianalisa, dilakukan optimalisasi perbaikan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan," kata dia.

Ia menambahkan, hari ini suatu wacana dengan membentuk program DP3 yang tujuanna bagaimana memberikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat terhadap hak-hak mereka sebagai masyarakat dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Selain itu juga masyarakat bisa memahami pentingnya demokrasi dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/kota dan Pilkada yang sudah berjalan baik.

Aunur Rafiq menyampaikan seperti yang dicanangkan pada hari ini Pemerintah Kabupaten Karimun sangat mendukung ditetapkan Kelurahan Sungai Lakam Timur, Kecamatan Karimun sebagai locus untuk pelaksanaan DP3 di Kabupaten Karimun.

"Pemkab Karimun juga mendukung agar program DP3 ini dapat terlaksana dengan baik yang tentunya akan melibatkan jajaran mulai dari RT, RW, Lurah, Camat dan OPD terkait agar program ini dapat terukur dengan baik pada pelaksanaan pemilu mendatang," ucapnya.

Di samping itu, Pemkab Karimun siap memfasilitasi KPU RI yang tentunya sesuai dengan yang diatur dalam perundang-undangan seperti penyediaan dana hibah bagi KPU.

Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati mengatakan, program DP3 merupakan program strategis dari KPU RI untuk mendorong partisipasi masyarakat secara aktif dan lebih cerdas.

Ia mengakui, masyarakat sudah memiliki pola pikir lebih baik dan bisa menjadi motor penggerak masyarakat terhadap partisipasi masyarakat, bahkan bisa menjadi penyelenggara Pemilu. "Program DP3 ini sangat penting sebagai upaya peningkatan kualitas masyarakat dalam politik,supaya produk dari pemilu bisa lebih berkualitas," pungkasnya.

Sriwati mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan Bupati Karimun serta Wali Kota Tanjungpinang untuk kegiatan program DP3 ini. "Ke depannya program DP3 ini bukan hanya di Kabupaten Karimun dan Kota Tanjungpinang saja, tetapi di kabupaten/kota lainnya dapat dilaksanakan program DP3 ini secara bersama-sama," katanya.

Secara daring, Ketua KPU RI, Ilham Saputra menyampaikan, terima kasih kepada KPU Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Karimun yang telah bekerja keras dalam persiapan pelaksanaan acara MoU DP3 ini yang dilaksanakan hari ini.

Ia menjelaskan, KPU tentu mempunyai tugas mensosialisasikan kepada masyarakat dan pengertian pemilih dalam rangka partisipasi masyarakat dalam pemilihan. "Ini sudah menjadi komitmen KPU untuk terus mencerdaskan dan meningkatkan kualitas, kuantitas partisipasi pemilih sehingga dengan program DP3 ini akan berjalan dengan baik dan demokratis terjaga dengan baik," kata Ilham Saputra.

Ungkapnya, acara ini bentuk mewujudkan agar sinergitas KPU Provinsi Kepri dan kabupaten/kota dengan Pemerintah Daerah dan lapisan masyarakat, sekaligus menjalankan program DP3 ini menjadi program bersama karena Pemilu bukan hanya tanggung jawab KPU, tetapi merupakan agenda nasional.

Editor: Gokli

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit