logo batamtoday
Senin, 25 Oktober 2021
PKP


Tips Atasi Ban Selip di Jalanan Licin saat Hujan
Selasa, 28-09-2021 | 09:24 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jalan licin akibat hujan dapat membuat ban mobil selip sehingga berisiko kecelakaan. Menyepelekan hal ini bukan cuma berbahaya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain.

Gejala awal ban mobil selip dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil yang tidak dapat dikontrol, seperti bodi bergerak ke kiri atau kanan, atau mobil berjalan lurus meski kemudi sudah dibelokkan.

Pertama jangan panik. Kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan tidak perlu seperti pengereman keras atau membanting setir sehingga memperburuk keadaan.

Sikapi selip dengan tenang serta jaga fokus dan konsentrasi untuk menentukan respons selanjutnya. Kesalahan keputusan bisa terjadi tak sampai satu detik, ini sebabnya pengemudi dilarang melakukan aktivitas lain waktu berkendara seperti bermain ponsel.

Langkah berikutnya menunggu hingga traksi ban kembali normal sehingga mobil dapat dikontrol kembali. Caranya mengendalikannya dengan mempertahankan setir lurus ke depan dan tidak melakukan perlawanan arah kemudi, dianjurkan juga tidak menginjak pedal rem atau pedal gas.

Dengan tidak melakukan apa-apa, pengemudi bisa mencegah mobil yang kehilangan kendali supaya tidak lebih lebih parah dampaknya.

Jika daya cengkeram ban sudah kembali, mobil baru dapat dikendalikan seperti mengubah arah kemudi atau menekan pedal rem. Itupun harus dilakukan secara halus dan bertahap untuk menjaga traksi tetap ada.

Tetap waspada terhadap lingkungan sekitar mobil, termasuk kendaraan lain dari arah belakang.

Langkah awal yang harus dilakukan yakni mengurangi kecepatan mobil begitu hujan turun atau melewati jalan licin. Kurangi hingga sekitar 20 persen dari kecepatan normal agar ban tetap mendapatkan daya cengkeram yang optimal serta mengurangi kehilangan kendali jika sampai ban selip.

Jangan lupa selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya saat ada masalah dapat direspons dengan cepat dan aman.

Selain itu faktor ban juga memegang peran penting untuk mencegah selip. Pastikan tekanan udara ban dan alur pada telapak ban belum mencapai batas keausan supaya dapat membuang air dengan baik dan tidak mudah kehilangan grip di kondisi berat, mengutip keterangan tertulis Auto2000.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit