logo batamtoday
Selasa, 28 September 2021
PKP


Api yang Melalap Puluhan Hektar Lahan Gambut di Desa Bintan Bunyu Belum Berhasil Dipadamkan
Jumat, 05-03-2021 | 15:24 WIB | Penulis: Harjo
 
Kapolsek Teluk Bintan Iptu Rugianto bersama anggota Kodim Bintan di sekitar lokasi kebakaran lahan di Bintan Bunyu. (Harjo/BTD)  

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kobaran api yang membakar lahan gambut di Bukit Sidodadi, Desa Bintan Bunyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, hingga saat ini belum berhasil dipadamkan.

Upaya pemadaman kebakaran yang terjadi sejak Kamis (4/3/2021), hingga saat ini masih berlangsung dan api belum bisa dikendalikan sepenuhnya Satgas Karhutla.

Kapolsek Teluk Bintan, Iptu Rugianto, Jumat (5/3/2021), menyampaikan, lahan yang terbakar tersebut di Bukit Sidodadi milik Khalik dengan luas sekitar 2 hektar.

Selain itu kebakaran juga terjadi di lahan milik Nuryanto, Kampung Siantan, Desa Tembeling, seluar sekitar 4 hektar. Selanjutnya, milik Said Madali sekitar 3.000 m2, milik Kasino sekitar 1 hektar, Said Mustafa 3.000 m2, Said Safwan 3.000 m2.

Selanjutnya lahan milik Said Haidir seluas sekitar 3.000 m2, Katmini 3.000 m2, Supriyono 1 hektar, Jing Ju alias Rudi 1 hektar. Total secara keselurahan lahan warga yang terbakar lebih kurang 10,7 hektar.

"Akibat kebakaran yang sampai saat ini masih berusaha dipadamkan oleh Satgas Karhutla, Damkar dan unsur lainnya termasuk warga sekitar, tidak ada memakan korban jiwa. Sebaliknya sejumlah saksi masih diambil keterangan oleh Satreskrim Polres Bintan," katanya.

Lebih jauh kata Rugianto, lahan pertama terbakar diduga berasal dari lokasi lahan mik Khazalik dan merambat ke lahan milik warga lainnya.

Ada pun tindak lanjutnya, hingga saat ini sedang dilakukan pemeriksaan oleh Sat Reskrim Polres Bintan, guna penyelidikan lebih lanjut diantaranya, Jumari, Suhari, M Fiasal, Saryono.

Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit