logo batamtoday
Jum'at, 09 Desember 2022
Pasang Iklan


Dipercepat, Musda XI KNPI Kota Batam Gelar Besok di Sahid Hotel
Sabtu, 13-08-2022 | 13:32 WIB | Penulis: Paskalis RH
 
Emanuel Inglan, Sekertaris panitia penyelenggara Musda KNPI Kota Batam. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) XI di Sahid Hotel, Batam Center, Minggu (14/81/2022).

Menurut Emanuel Inglan, sekertaris panitia penyelenggara Musda KNPI XI Kota Batam, pelaksanaan Musda XI --yang sebelumnya diagendakan pada 18 Agustus 2022 kini dipercepat, lantaran pelaksanaan Mubes diselaraskan dengan agenda Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

"Pelaksanaan Mubesnya dipercepat dari rencana awal yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2022 di Swiss Bell Hotel. Namun rencana awal itu berbenturan dengan agenda Wali Kota Batam, sehingga pelaksanaannya dimajukan ke tanggal 14 Agustus 2022 (Minggu besok)," kata Inglan saat dikonfirmasi melalui sambungan selularnya, Sabtu (13/8/2022).

Perubahan jadwal Mubes, kata Inglan, terjadi setelah panitia beraudiensi dengan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota menjelaskan pada tanggal 18 Agustus, beliau ada agenda ke luar Batam.

Selain itu, kata dia, rangkaian agenda Wali Kota tersebut dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, sehingga disepakati pelaksanaan Musda XI dijadwalkan atau dimajukan ke tanggal 14 Agustus 2022.

Ingland mengatakan, dengan dipercepatnya Musda KNPI Kota Batam ini, maka kepada perserta Musda, baik dari PK KNPI se-Kota Batam atau dari Organisasi Kepemudaan (OKP), yang tergabung di dalam KNPI untuk segera melakukan registrasi kepesertaan.

Sementara itu, Sekretaris SC (Steering Commite) Musda, Maselinus Taufan Mesa, mengatakan, untuk pendaftaran peserta bisa dilakukan melalui link yang sudah di sebarkan, atau langsung ke lokasi acara di Hotel Sahid, Batam Center.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kegiatan Musda, kata Ingland, ada tahapan yang telah disiapkan panitia untuk seluruh peserta, di antaranya sosialisi kegiatan Musda dan membuka pendaftaran bakal calon (balon) ketua KNPI Batam.

"Untuk kepentingan kegiatan itu, Steering Commite (SC) Musda sudah membuka pendaftaran bakal calon (balon) ketua KNPI Batam sejak Senin (8/8/2022) hingga 14 Agustus 2022, sebelum pembukaan pelaksanaan Musda," ujar Marselinus.

Marselinus --yang akrab disapa Max, menjelaskan, syarat menjadi bakal calon Ketua DPD KNPI Kota Batam sesuai ADRT Bab IV Pasal 21 ayat 3 sebagai berikut:

1. Sedang/pernah aktif menjadi Pengurus KNPI Tingkat Kota/Kabupaten

2. Sedang/pernah aktif menjadi Pimpinan OKP Tingkat Kota/Kabupaten

3. Tidak melebihi 2 periode memimpin KNPI Tingkat Kota/Kabupaten

4. Mendapatkan Rekomendasi dukungan tertulis dari: (1) 3 PK KNPI Kecamatan di Kota Batam, (2) 6 OKP Nasional tingkat Kota/Kabupaten yang berhimpun dalam KNPI

5. Maksimal berusia 40 Tahun ( belum mencapai usia 41 tahun)

6. Menerima Deklarasi Pemuda Indonesia, Permufakatan Pemuda Indonesia, AD/ART, Pokok Kerja KNPI, Peraturan Organisasi lainnya serta mempunyai waktu dan bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam kepengurusan KNPI

7. Berprestasi, Berdedikasi, Loyal terhadap organisasi/Ideologi Pancasila/Negara dan tidak pernah tercela dan bebas Narkoba serta bersedia bertanggung jawab untuk melaksanakan amanat organisasi hingga akhir masa jabatan

8. Menyampaikan Surat Pernyataan Kesediaan untuk dipilih sebagai Calon Ketua DPD KNPI Periode 2021-2024

9. Membayar uang pendaftaran sebesar 5.000.000

10. Surat Keterangan bebas narkoba dari BNN atau RSUD

Sementara untuk menjadi peserta, lanjutnya, yakni dengan mengirimkan SK kepengurusan tingkat Kota/Kabupaten dan surat mandat ke sekretariat panitia atau upload berkas tersebut dengan melalui tautan link https://bit/ly/pesertaMusdaKNPIBatam2022.

Dijelaskan oleh Emanuel Ingland, syarat menjadi peserta Musda XI adalah sudah menjadi peserta Musda X, menjadi peserta Musda versi KNPI Muhammad Ryano Panjaitan, sudah menjadi peserta Musda KNPI Kepri versi Teddy Nuh.

"Sesuai perkiraan sekitar 82 OKP, 12 Pengurus Kecamatan (PK) plus OKP lokal," pungkas Ingland.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2022 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit