logo batamtoday
Minggu, 28 April 2024
JNE EXPRESS


Ketua INSA Nilai Penetapan Ex Officio Pimpinan BP Batam Timbulkan Gejolak
Selasa, 18-12-2018 | 12:40 WIB | Penulis: Nando Sirait
 
Ketua Indonesia National Shipowner Association (INSA) Batam, Osman Hasyim. (Foto: Nando)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Beragam reaksi bermunculan akibat rencana pemerintah melebur Badan Pengusahaan (BP) Batam ke Pemerintah Kota Batam. Sejumlah kalangan menilai kebijakan pemerintah pusat itu menimbulkan gejolak bagi dunia usaha dan investasi di Batam, yang saat ini menunjukkan pertumbuhan.

Salah satunya seperti disampaikan Ketua Indonesia National Shipowner Association (INSA) Batam, Osman Hasyim. Ia menilai rencana ini berpotensi akan menimbulkan gejolak dan kesimpangsiuran.

Pola seperti ini, kata Osman, pernah terjadi di zaman sebelum kepemimpinan Mustafa Widjaja sebagai Kepala BP Batam.

"Secara pribadi, saya kurang yakin BP Batam akan lebih baik kedepannya nanti, dengan keputusan menjadikan Kepala BP Batam dirangkap secara ex-officio oleh Wali Kota Batam," kata Osman, Selasa (18/12/2018).

"Di bawah menteri saja sulit melakukan lobi, apalagi menyangkut anggaran. BP Batam kan masih defisit. Dimana sumber-sumber yang mau digali, kalau lobi-lobinya tak kuat. Wali kota mesti melobi menteri dan jenjang-jenjang lainnya," tambahnya.

Mestinya, menurut Osman, kewenangan atau kebijakan di BP Batam harus diperkuat. Bukan sebaliknya, menempatkan BP Batam di bawah wali kota.

"Kalau ingin menghilangkan dualisme, sebenarnya peraturan pemerintahnya yang dibuat. Peraturan itu yang mengatur tugas dan wewenang keduanya. Bukan mengubah BP Batam," kata Osman.

Editor: Yudha

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit