logo batamtoday
Jum'at, 26 April 2024
JNE EXPRESS


KPU Anambas Akan Gelar Uji Publik dan Debat Terbuka dalam Pilkada 2015
Jum'at, 28-11-2014 | 17:46 WIB | Penulis: Nursali
 
Syukrillah, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas (kanan). (Foto: Nursali/BATAMTODAY.COM)
 

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas berencana menggelar uji publik dan debat terbuka dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2015 mendatang. Cara ini diyakini bisa menghasilkan kepala daerah sesuai dengan impian masyarakat kepulauan ini.

"Kita benar-benar mengupayakan dalam pilkada ini untuk mencari pemimpin yang benar-benar memimpin," kata Syukrillah, Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Anambas, kepada pewarta di Tarempa, Jumat (28/11/2014).

Debat itu akan dilaksanakan di tiga pulau terbesar, yakni di Kecamatan Siantan, Kecamatan Palmatak dan Kecamatan Jemaja. Kegiatan bergiliran itu dilakukan untuk menghindari kecemburuan sosial dari masyarakat jika dilaksanakan di salah satu kecamatan saja.

"Paling tidak harus ada di tiga kecamatan inilah. Dan perlu dipikirkan juga kegiatan ini harus tepat sasaran. Dananya sudah kita tetapkan. (Kegiatan) di tiga pulau itu sekitar Rp500 juta," terang Syukrillah.

Sementara pada uji publik calon kepala daerah, KPU akan membentuk tim khusus yang terdiri dari akademisi sebanyak dua orang, tokoh masyarakat dua orang dan satu orang dari komisioner KPU. Para penguji juga akan diseleksi terlebih dahulu sebelum menguji calon kepala daerah.

"Jadi, kita akan benar-benar selektif dalam menetapkan orang-orang dalam komposisi tersebut," kata Syukrillah. (*)

Editor: Roelan

Ucapan Idul Fitri

Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© 2024 BATAMTODAY.COM All Right Reserved
powered by: 2digit