logo batamtoday
Senin, 20 Agustus 2018
Cluster-Botania-Garden


Warung Penjual Ayam Kecap di Singapura Raih Bintang Michelin
Rabu, 13-06-2018 | 10:16 WIB | Penulis: Redaksi
 
Chef Chan Hon Meng, pemilik Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle Singapura. (Womensweekly.com.sg)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Jika bicara soal restoran berbintang Michelin, pasti yang ada dalam pikiran Anda adalah tempat makan mewah yang makanannya dimasak oleh koki mahal seperti Gordon Ramsey.

Buang jauh-jauh pikiran itu, karena sebuah warung kecil di pusat Singapura yang hanya menjual satu menu, yakni ayam dengan nasi atau mie, ternyata adalah salah satu restoran berbintang Michelin.

Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle adalah kedai makanan jalanan sederhana di Chinatown Complex, sebuah food court terbuka dan pusat jajanan jalan terbesar di Singapura.

Tidak ada yang lebih luar biasa daripada kios lain di daerah itu, dengan ayam-ayam yang dimasak digantung dengan kait dan panci besar yang mengepul harum di atas kompor. Yang membedakannya adalah antrean mengular panjang setiap harinya, dengan turis dan penduduk setempat yang sama-sama menunggu tiga jam atau lebih untuk mencicipi hidangan ayam S-2 Chan Chan yang ikonik.

Ini adalah makanan berbintang Michelin yang paling terjangkau yang bisa Anda dapatkan di mana saja di dunia.

Chan Hon Meng dianugerahi bintang pada tahun 2016 dan sangat terkejut dengan penghargaan itu. Ia bahkan menyangka komite Michelin bercanda ketika mereka mengundangnya ke Makan Malam Gala Michelin Guide Singapura.

Chan Hon Meng bekerja 17 jam sehari, memasak 180 ekor ayam di dapur mungilnya untuk memberi makan pelanggannya yang lapar. Ayam rebus yang dilapisi dengan saus kedelai gelap. Anda akan menerima sesendok saus yang sama di piring Anda, bersama dengan sesendok sambal, beberapa sayuran hijau, beberapa udang kering dan irisan ayam yang lembut dan lezat.

Setelah mencengkeram piring sekali pakai di tangan Anda usai antre berjam-jam, Anda dapat duduk di kursi dan meja plastik di luar kios untuk memakannya atau dibungkus.

Kios telah menjadi sangat populer sehingga Chan Hon Meng sekarang telah membuka restoran di dekat lokasi aslinya, dengan AC dan meja-meja. Bahkan ada rencana untuk membuka lokasi internasional.

Chan bermitra dengan sebuah perusahaan bernama Hersing Culinary untuk membuka secara potensial Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle di lokasi termasuk Thailand, Taiwan, dan Filipina.

"Saya ingin membuka restoran di setiap negara untuk membiarkan semua orang mencicipi ayam kecap saya," kata Chan kepada CNBC.

Makanan Hawker Chan begitu populer sehingga dia datang ke London pada Maret 2018, di sana antrean pun mengular panjang dan tentu saja panen pujian. Culture Trip pergi ke lokasi untuk mencoba ayam kecap dan nasi soya yang terkenal itu dan rasanya memang tidak mengecewakan!

Ayamnya sangat berkilau, dengan kecap asin dan terasa manis dan berair di dalamnya. Nasi itu harum dan lengket dan disiram dengan saus gurih dari ayam. Mentimun segar dan kacang di samping menambahkan variasi tekstur dan crunch ke piring.

Meski Hawker Chan telah membawa kecakapan memasak ayamnya ke seluruh dunia, Anda harus pergi ke Singapura untuk menukar uang US$2 (Rp14 ribu) Anda dengan seporsi makanan terenak di dunia ini.

Sumber: Dream.co.id
Editor: Gokli

PKP
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit