logo batamtoday
Senin, 11 Desember 2017
Cluster-Botania-Garden


PT Pelindo Marine Batam Luncurkan Kapal Kenavigasian KN Yefyus
Kamis, 12-10-2017 | 20:02 WIB | Penulis: Yosri Nofriadi
 
KN Yefyus diluncurkan langsung oleh Direktur Kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya, bersama jajaran PT Pelindo Merine Batam (Foto: Yosri Nofriadi)  

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Pelindo Marine Batam kembali sukses mengerjakan kapal canggih berkualitas dunia. Kapal ini merupakan satu dari lima kapal pesanan Kementerian Perhubungan RI melalui Ditjen Kenavigasian yang diresmikan di PT Pelindo Marine, Sagulung, Rabu (12/10/2017) pukul 16.00 WIB.

Kapal Negara (KN) pertama yang diluncurkan itu bernama Yefyus yang diluncurkan langsung oleh Direktur Kenavigasian, I Nyoman Sukayadnya, bersama jajaran PT Pelindo Merine.

I Nyoman Sukayadnya menuturkan, peluncuran KN Yefyus itu merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak pembangunan kapal kelas I Kenavigasian tahap II paket A sebelumnya.

"Tahun ini kita memesan lima unit kapal Kenavigasian di PT Pelindo Merine. Sesuai kontrak, kapal itu harus rampung akhir tahun ini dan satu kapal hari ini sudah diluncurkan," ujar Nyoman.

Lima kapal yang dikerjakan di PT Palindo Marine itu di antaranya, KN Yefyus yang sudah diluncurkan itu, serta KN Edam, KN Miangas, KN Berhala dan KN Rapat yang masih proses pengerjaan tahap akhir. Kelima kapal itu akan di tempat yang berbeda di Kenavigasian wilayah Indonesia.

"Akhir tahun, semuanya harus selesai termasuk 10 kapal yang dikerjakan di tempat galangan kapal lainnya. Selain di Batam ada juga di Surabaya," ujarnya lagi.

Pembangunan kapal ini bertujuan untuk meningkatkan armada kapal di pelabuhan Ditjen Kenavigasian. Selama ini Ditjen Kenavigasian baru memiliki 70 unit kapal Kenavigasian. Namun dari 70 unit itu 40 di antaranya sudah tua. Sehingga perlu pengadaan pembangunan kapal-kapal baru.

"Angka idealnya sebenarnya 72 unit armada Kenavigasian, kita baru punya 70 itu pun 40 sudah tua," ujarnya lagi.

Kapal Kenavigasian ini dipesan oleh Ditjen Kenavigasian yang memiliki spesifikasi yang sama yakni, panjang 60 meter dan lebar 15 meter. Kapal-kapal itu dilengkapi dengan peralatan canggih dengan kenavigasian dengan mesin berkecepatan 15 knot.

"Selain itu keunggulan kapal ini memiliki kapasitas crane 30 ton. Kapal-kapal sebelumnya hanya 12 ton," ujar I Nyoman lagi.

Peluncuran kapal tersebut, kata Nyoman, membuktikan bahwa PT Palindo Marine berpegang dengan komitmen kontrak sesuai dengan kesepakatan kerja. Dia bahkan mengapresiasi jika kapal-kapal tersebut lebih baik dan lebih cepat pengerjaannya dari jadwal sebelumnya yang sudah ada.

"Seharusnya Desember diluncurkan tapi ini lebih cepat. Kami apresiasi, apalagi kapal ini dikerjakan putra-putri daerah," ujar Ditjen Kenavigasian ini.

Editor: Udin

KULINER-YS

Banner-glory-point
BNN
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit