logo batamtoday
Senin, 21 Agustus 2017
Cluster-Botania-Garden


Festival Pantai Padang Melang
Pemkab Anambas Optimis Mampu Pecahkan Rekor MURI Pelepasan Penyu Terbanyak
Senin, 10-04-2017 | 14:38 WIB | Penulis: Alfreddy Silalahi
 

Pelepasan penyu. (Foto: Paket Wisata Bromo)

 

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Perikanan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Anambas hingga kini belum dapat mengumpulkan 5 ribu ekor penyu (tukik) yang akan dilepaskan pada acara Festival Pantai Padang Melang yang digelar pada tanggal 11 hingga 13 Mei mendatang.

Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Chatarina mengatakan, saat ini pihaknya baru mengumpulkan 1.750 ekor penyu atau 35 persen dari target 5 ribu ekor penyu guna memecahkan rekor pelepasan penyu terbanyak.

"Saat ini baru 1.750 ekor penyu yang tersedia. Rencana awal ingin melepas 5 ribu penyu, tetapi ada berkisar 4 ribu lagi telur penyu belum menetas. Tetapi kita harapkan target tersebut bisa tercapai," ujar Chatarina, Senin (10/4/2017).

Chatarina menerangkan, meskipun tak tercapai target 5 ribu ekor punyu pada Festival Padang Melang mendatang, pihaknya tetap optimis meraih Rekor MURI. Pasalnya, Pemecah Rekor MURI pelepasan penyu sebelumnya diraih oleh Maluku yang melepaskan 3.047 ekor penyu.

"Kami sudah daftarkan ke MURI, terkait pencapaian rekor 5 ribu pelepasan penyu. MURI sebut, 10 persen diatas Maluku sudah bisa meraih Rekor MURI. Artinya 3.350 saja kami lepaskan sudah bisa mendapat Rekor MURI. Tetapi kami tetap optimis bisa mencapai target awal," jelasnya.

Dia juga merincikan, pelepasan 5 ribu ekor penyu, turut dibantu oleh salah satu perusahaan Migas yang stay di Palmatak. Pihaknya telah berkoordinasi, bahwa perusahaan tersebut menyumbangkan 1.500 ekor penyu.

"Kami berterimakasih atas bantuan perusahaan Migas yang menyumbangkan 1.500 ekor penyu. Dari Pemda sendiri cukup menyediakan 3.500 ekor penyu. Saat ini tersedia dari Pemda sebanyak 1600 ekor penyu sedangkan dari perusahaan masih 150 ekor. Jumlah keseluruhan baru 1.750 ekor,"terangnya.

"Jumlah itu baru didapat dari penetasan tahap pertama, yaitu bulan Februari lalu. Sementara saat ini ada tersedia 4000 butir telur penyu yang belum menetas. Kami berharap, agar tidak semua penyu yang mati ketika menetas. Masa penetasan telur penyu 45 hari, berarti sebelum Festival, telur sudah menetas," sambungnya.

Editor: Yudha

Banner-glory-point
BNN
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit