logo batamtoday
Selasa, 07 Desember 2021
PKP


Tak Kunjung Dipindah ke Negara Ketiga
Pencari Suaka Afganistan Unjuk Rasa di Kantor DPRD Batam
Rabu, 22-09-2021 | 18:52 WIB | Penulis: Putra Gema
 
Puluhan pencari suaka asal Afganistan saat unjuk rasa di Kantor DPRD Batam, Rabu (22/9/2021). (Foto: Putra Gema)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Puluhan pencari suaka asal Afganistan mendatangi Kantor DPRD Kota Batam, Rabu (22/9/2021) siang. Para pencari suaka dengan jumlah 60 orang itu menggunakan berbagai atribut, seperti banner dan poster penolakan.

Ali Akbar, salah satu pencari suaka yang telah datang ke Batam sejak 8 tahun lalu mengaku sudah merasa sangat tertekan berada di Kota Batam yang ditunjuk UN Refugee Agency (UNHCR) sebagai lokasi pengungsian.

Selama berada di Batam, Ali juga terlihat mulai fasih berbahasa Indonesia, sehingga memudahkan dalam berkomunikasi mengenai tujuan kedatangan mereka ke DPRD Batam. "Saya sudah sangat stres berada di pengungsian ini. Sampai saat ini kami juga tidak mendapat kejelasan mengenai janji mereka untuk memindahkan kami ke negara ketiga," kata Ali.

Salah satu alasan lain oleh para pengungsi, dikarenakan aduan pihaknya terhadap pihak Imigrasi juga tidak tidak pernah ditanggapi hingga saat ini. "Kami komunikasi ke Imigrasi juga tidak direspon sama sekali hingga sekarang," ujarnya.

Keputusan untuk melakukan aksi di DPRD Batam sendiri, juga sebelumnya sudah lama dibahas oleh para pengungsi yang berada di Batam. Pihaknya berharap adanya anggota DPRD Batam dapat menjadi fasilitator pencari suaka ke pihak Imigrasi, agar kemudian dapat berkomunikasi dengan pihak UNHCR.

"Kita gak tahu lagi mau ke mana. Kita mencoba, semoga para anggota DPRD ini ada yang mau membantu kami untuk komunikasi dengan pihak terkait," tegasnya.

Di waktu yang bersamaan, aksi mereka juga disambut baik Ketua Komisi I DPRD Batam, Budi Mardianto. Dirinya menegaskan bahwa pihaknya menerima aspirasi para pencari suaka adal Afganistan ini.

"Para pengungsi ini harus ada kejelasan nasibnya, jangan diabaikan. Pikirkan juga nasib anak-anak mereka yang tidak bersekolah dan nasib masa depan mereka," kata Budi.

Ia pun menegaskan, akan berkordinasi langsung ke pimpinan DPRD Batam untuk menindaklanjuti permasalahan ini ke Pemerintah Pusat. "Karena jika tidak ditindaklanjuti, kasihan nasib mereka yang terbengkalai selama bertahun-tahun di Kota Batam," tutupnya.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit