logo batamtoday
Senin, 06 Desember 2021
PKP


Kasus Cut and Fill PT Wiraraja di Nongsa Ditangani KLHK Pusat dan Bareskrim Polri
Sabtu, 05-06-2021 | 19:44 WIB | Penulis: Putra Gema
 
Kondisi banjir di Kawasan KPLI-B3 Kabil, Nongsa diduga akibat Cut and Fill. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Balai Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) wilayah Sumatera terus melanjutkan penindakan kasus cut and fill di kawasan PT Wiraraja Kabil, Nongsa, Kota Batam.

Dihubungi melalui telepon selulernya, salah seorang sumber dari Gakkum KLHK wilayah Sumatra mengungkapkan, saat ini berkas kasus tersebut sudah ditangani oleh KLHK pusat.

"Masih terus berlanjut, berkas sudah masuk dan saat ini ditangani oleh pusat (KLHK)," ungkap sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Sabtu (5/6/2021).

Lanjut sumber tersebut, bahkan dalam kasus tersebut juga dalam pengawasan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. "Bareskrim juga diikutsertakan di dalam penanganan kasus tersebut," tegasnya.

Diungkapkannya, berkas tersebut dilimpahkan ke KLHK setelah PT Wiraraja terbukti melakukan kegiatan yang cut and fill yang menyalahi aturan-aturan yang berlaku. "Kemarin kami turun ke lokasi lagi, cut and fill di PT Wiraraja sudah tidak boleh dilakukan. Jika tetap berjalan maka jelas melanggar," tutupnya.

Meski begitu, hingga saat ini PT Wiraraja yang dimiliki oleh salah satu petinggi partai politik di Kepulauan Riau masih tidak mau dikonfirmasi terkait permasalahaan cut and fill di lokasinya itu.

Sebelumnya, permasalahan ini berawal ketika banjir menggenangi Kawasan Pengelolaan Limbah Industri Bahan Berbahaya dan Beracun (KPLI-B3) Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Akibat dari banjir tersebut, menyebabkan air limbah bahan beracun dan berbahaya itu meluap dan membentuk kolam limbah beracun berwarna hitam di bagian belakang KPLI Kabil tersebut.

Diduga kuat, penyebab terjadinya banjir tersebut disebabkan karena adanya aktivitas cut and fill di sekitar kawasan KPLI Kabil yang dilakukan oleh PT Wiraraja.

Editor: Gokli

Asia Link
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit