logo batamtoday
Selasa, 28 September 2021
PKP


Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rahma dan Weni Kompak Kenakan Pakaian Melayu Bertudong Mangko
Rabu, 02-06-2021 | 11:04 WIB | Penulis: Asyri
 
Peringatan Hari Pancasila Pemko Tanjungpinang bersama FKPD. (Istimewa)  

BATAMTODAY.COM Tanjungpinang - Peringatan Hari lahir pancasila dimasa pandemi diperingati dengan melaksanakan upacara secara virtual. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, bersama ketua DPRD Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni P Weni dan unsur FKPD mengikuti jalannya upacara terpusat di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Selasa, (1/6/2021).

Tampak Rahma dan Weni kompak mengenakan pakaian adat melayu dengan mengenakan baju kurung lengkap memakai tudong manto sebagai ciri khas tanah melayu. Keduanya tampak anggun dan cantik dengan penampilan di Hari Lahir Pancasila tersebut.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjadi inspektur upacara yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan, Bogor. Jokowi mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dalam amanatnya, Jokowi menyampaikan nilai-nilai luhur Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. "Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia," kata Presiden.

"Tidak henti-hentinya saya mengajak seluruh penyelenggara negara dari pusat sampai ke daerah untuk terus meneguhkan keberpihakan kita kepada masyarakat yang sedang mengalami kesulitan, untuk melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan kelompok, ras, dan agama, serta untuk memenuhi kewajiban kita melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," ujarnya lagi.

Jokowi juga menyampaikan mengenai tantangan kedepan dimasa pandemi ini. "Kita tidak sendirian, 215 negara di dunia berada dalam kondisi seperti kita, tapi kita harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk jadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya. Sebagai bangsa yang besar kita juga harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimis, kita harus mampu menciptakan peluang di tengah kesulitan, kita harus menjawab semua itu dengan inovasi dan karya nyata. Kita tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi COVID ini," lanjutnya.

Di akhir amanatnya Jokowi mengajak untuk membuktikan ketangguhan dan memenangkan masa depan bangsa Indonesia. "Kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa. Sebagai saudara sebangsa dan setanah air mari kita terus memperkokoh persatuan, mari kita peduli dan berbagi untuk sesama, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi tantangan tetapi bangsa yang memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan," pungkas Jokowi.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakapolres Tanjungpinang, Dandim diwakili Danramil 03 Kapten Inf D.Sihombing, Danlanudal diwakili Kasatprov Ltd. Bagus, Danwing Udara 1 diwakili Wadanwing Udara 1, Kajari Tanjungpinang, Danyon diwakili Letda Mar Syahdodi, Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Asisten 1 Pemko Tanjungpinang dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Tanjungpinang.

Editor: Yudha

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit