logo batamtoday
Rabu, 27 Oktober 2021
PKP


Polisi Tangkap Pembakar Hutan di Wilayah KKOP Bandara Hang Nadim
Kamis, 11-03-2021 | 14:20 WIB | Penulis: Putra Gema Pamungkas
 
Lokasi lahan kawasan bandara Hang Nadim Batam yang dibakar pelaku. (Foto: Hadli)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Unit Reskrim Polsek Nongsa berhasil mengamankan pelaku pembakaran hutan di Teluk Bakau yang masuk kawasan KKOP Bandara Hang Nadim, Rabu (10/3/2021).

Kanit Reskrim Polsek Nongsa, Iptu Sofyan mengatakan, pengamanan salah seorang warga berinisial LR ini atas adanya salah satu barang bukti sepeda motor yang ditinggalkan oleh pelaku di lokasi kejadian.

 

"Sudah kami amanakan pelakunya, dia pemilik motor tersebut," kata Sofyan, Kamis (11/3/2021).

Sofyan menjelaskan, pelaku pembakar hutan KKOP Bandara Hang Nadim Batam ditangkap di kediamannya yang berlokasi di kawasan Tiban.

Berdasarkan keterangan dari pelaku, dirinya membakar hutan di kawasan KKOP Bandara Hang Nadim untuk membuka lahan perkebunan.

"Alasannya untuk buka lahan perkebunan, sudah kami amankan sekarang di Polsek Nongsa," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, kebakaran yang terjadi di wilayah KKOP itu cukup luas, diduga kebakaran hutan itu sengaja dibakar oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.

"Dari hasil pantauan di lapangan setidaknya ada sekitar kurang lebih, enam hektare wilayah Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) yang sudah terbakar pada kejadian kali ini," kata Komandan Lanud Hang Nadim, Letkol Pnb. Iwan Setiawan melalui Kadisops Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo, Selasa (9/3/2021) malam.

Wardoyo menjelaskan, kejadian tersebut bukan hanya dilihat dari masalah kebakarannya, namun akibat dari kebakaran tersebut mengakibatkan jarak pandang menjadi terganggu karena adanya asap di sekitar landasan terbang.

"Dari pihak Ditpam BP Batam mendapatkan barang bukti berupa satu unit kendaraan roda dua dengan Nopol BP 3503 FA yang diduga milik oknum atau pelaku yang melakukan pembakaran," tutupnya.

Editor: Dardani

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit