logo batamtoday
Senin, 12 April 2021
PKP


RSKI Galang Telah Rawat 7.871 Pasien Covid-19, Zero Wafat
Kamis, 25-02-2021 | 14:52 WIB | Penulis: Irwan Hirzal
 
Kepala RSKI Pulau Galang Batam, Kolonel Ckm. Khairul Ihsan Nasution. (Foto: Iwan)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejak dioprasikannya Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Barelang, Batam pada April 2020 lalu, telah merawat 7.871 orang pasien positif Covid-19.

Dari semua itu, 4.871 orang pasien telah dinyatakan sembuh dan tidak ada satu orang pasien pun yang meninggal dunia.

PKP

Demikian ungkap Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kolonel Ckm. Khairul Ihsan Nasutio, Kamis (25/02/2021).

"Lebih kurang 7.871 orang yang telah dirawat 4.871 orang positif Covid-19 sisanya hanya suspek (memiliki gejela-red). Dan sampai hari ini pasien yang dirawat sejak dioprasikan belum ada yang meninggal," ujar Khairul.

Ditabahkannya, tidak ada perlakuan khusus pasien Covid-19 yang dirawat di RSKI. Semua pasien dirawat sesuai umum dan SOP yang telah ditetapkan. Hanya saja, RSKI memiliki lahan yang luas sehingga pasien Covid-19 banyak melakukan aktivitas.

"Mereka (pasien Covid-19) tidak dijauhi atau dikucilkan. Mereka berbaur dengan pasien yang lain dan banyak berinteraksi di lahan yang luas. Sehingga berefek pada imun tubuhnya tinggi. Dengan lahan yang luas mereka aktivitas cukup banyak, mulai dari berolahraga, bermain dan berkumpul," ungkapnya.

Khairul melanjutkan, sejak Desember 2020 pasien covid-19 yang dirawat di RSKI terus mengalami penurunan. Biasanya pasien yang dirawat mencapai 330 orang, namun saat ini tinggal 60 orang pasien yang masih dirawat.

Selain menampung masyarakat Batam yang terkonfimasi positif, RSKI juga menampung Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Kita juga menampung PMI, ada yang hanya gejal saja tanpa positif. Sejak Desember lalu, perhari pasien yang lalu pasien yang masuk 9-10 orang, begitu juga yang sembuh," tambahnya.

Khoirul juga mengimbau masyarakat dapat patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, selalu mencuri tangan dan tidak keluar rumah apabila tidak penting.

"Kalau protokol kesehatan dipatuhi seluruh lapisan masyarakat, kami yakin pasien covid-19 terus mengalami penurunan," pungkasnya.

Editor: Dardani

Evitel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2021 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit