logo batamtoday
Rabu, 27 Januari 2021
Pasang Iklan


BMKG Imbau Warga Anambas Waspada Gelombang Air Pasang dan Banjir Rob
Rabu, 13-01-2021 | 16:04 WIB | Penulis: Fredy Silalahi
 
Kondisi banjir rob di Anambas pada 12 Januari 2021. (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Anambas - BMKG Kepulauan Anambas mengimbau masyarakat waspada terhadap banjir rob (banjir air laut).

Pasalnya, banjir rob tersebut diprediksi terjadi dari 12 - 20 Januari 2021, dengan ketinggian air pasang sekitar 0,5 meter sampai 1,5 meter.

"Kejadian ini bisa diakibatkan angin kencang dan gelombang tinggi, sehingga terjadi banjir air laut (rob) di daerah yang rendah," kata Prakirawan BMKG Tarempa, Kepulauan Anambas, Giofani Lumbantobing, Rabu (13/1/2021).

Giofani juga merincikan, semua wilayah di Anambas berpotensi terjadi banjir air, namun khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pesisir laut.

"Kami harap masyarakat waspada terhadap kejadian, karena bisa mengganggu aktivitas. Kami juga berharap masyarakat siap untuk menghadapinya, karena potensi banjir rob bisa mencapai semata kaki orang dewasa," terangnya.

Prakirawan BMKG juga menerangkan, pihaknya akan selalu update cuaca di wilayah Kepulauan Anambas. "Kami akan update cuaca untuk memberi informasi bagi masyarakat," ucapnya.

Sementara salah satu warga Jalan Pattimura, Kelurahan Tarempa, Andre mengakui, Selasa malam (12/1/2021) terjadi banjir rob. Dirinya berharap, bersamaan dengan hal tersebut tidak datang hujan.

"Musim Utara kali ini memang lengkap, angin kencang, gelombang tinggi, air pasang juga tinggi. Mudah-mudahan dengan adanya banjir rob ini tidak terjadi hujan, agar tidak terjadi banjir bandang," harapnya.

Andre menambahkan, persiapan untuk menghadapi banjir rob, yaitu memindahkan barang-barang di tempat yang lebih tinggi. "Menjelang air pasang, kami sudah memindahkan barang-barang ke tempat yang lebih tingg," jelasnya.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2020 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit