logo batamtoday
Selasa, 22 Januari 2019
Banner PKP


Azam Abdullah, Putra Daerah Asal Karimun Raih Juara II ICT ICT Global Talent di Korea Selatan
Minggu, 13-01-2019 | 11:32 WIB | Penulis: Putra
 
Azam Abdullah saat menerima penghargaan oleh ICT Global Talent Korea Selatan sebagai juara II tingkat internasional (Foto: Ist)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar gembira datang dari Korea Selatan. Seorang putra daerah Tanjung Balai Karimun, Azam Abdullah (23) raih juara dua ICT Global Talent Korea Selatan tingkat internasional. Putra daerah ini berhasil memenangkan juara dua ini dengan persentasi produk dengan judul DOKPEDIA dapat mengalahkan peserta dari berbagai negara seperti, Korea Selatan, Vietnam dan Indonesia.

DOKPEDIA sendiri merupkan produk yang dikembangkan PT Macan Teknologi Asia yang bertujuan untuk mempermudah sekaligus mempercepat proses penanganan pasien oleh dokter dengan mengintegritaskan database antar rumah sakit di seluruh Indonesia.

Azam Abdullah saat ditemui BATAMTODAY.COM di Kota Batam mengatakan, produk DOKPEDIA ini dapat membuat dokter melihat jejak rekam medis pasien di berbagai rumah sakit di Indonesia.

"DOKPEDIA menerapkan OCR (Optical Character Recognition) untuk membaca dan mengenali tulisan tangan dokter guna mempermudah proses digitalisasi data rekam medis, kata Azam, Sabtu (12/1/2019).

Data rekam medis merupakan data yang bersifat rahasia sehingga untuk memastikan keamanan data rekam medis pasien yang di simpan di database. DOKPEDIA menerapkan teknologi Blockchain dalam proses penyimpanan data.

Azam menerangkan, ICT Global Startup 2018 adalah program pelatihan yang berlangsung di Ajou University, Korea Selatan. Tahun ini, pendaftaran program ICT Global Startup dibuka di Indonesia dan Vietnam. Jumlah peserta dari Indonesia mencapai 11 orang sementara dari Vietnam mencapai 6 orang, 7 pelajar lokal dari Korea turut mengikuti program ini.

"Untuk mengikuti program ICT Global Startup 2018, pemohon haruslah mempunyai minat yang tinggi di bidang IT dan mempunyai karir di bidang ICT. Selain itu, pemohon haruslah memenuhi kualifikasi Bahasa Inggris dan kesehatan fisik yang sudah ditentukan," ujarnya.

Selama 4 bulan, dari 16 Agustus 2018 sampai 20 Desember 2018, peserta program mendapatkan sponsor penuh termasuk biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari sejumlah 600,000 KRW, akomodasi dan tiket penerbangan pergi dan pulang.

Dalam proses pembelajaran, selama 6 minggu, peserta mengikuti kuliah di Ajou University meliputi 6 mata pelajaran yaitu, Advanced Android Programming, Mobile Networks, Mobile Web Application, IoT (Internet of Things) I and II, Machine Learning dan Special Lecture. Disamping itu, peserta juga wajib mengikuti pelajaran Bahasa Korea selama 1 jam sehari untuk mempermudah proses komunikasi dan pembelajaran di Korea.

Setelah itu, untuk mengaplikasikan pelajaran teori yang telah didapat selama 6 minggu, peserta mengikuti pelatihan di Pan-Gyo Startup Campus selama 10 minggu. Selama 10 minggu, peserta dibekali dengan berbagai kelas teori tambahan meliputi Business Problem Solving, Marketing Branding Sales, Financial Modeling for Startups, Business Model, Growth Strategy, Capital Raise, dan lain lain. Selain itu, pelajar diberikan pelatihan menggunakan sistem coaching dan juga kunjungan ke industri-industri startup.

"Diakhir program ini, para peserta diminta untuk membuat satu ide startup yang dapat direalisasikan. Pada penghujung program, para peserta mempresentasikan ide startup secara berkumpulan," ujarnya.

Secara umum, ICT Global Startup Program 2018 bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam berbagai bidang ICT di Indonesia dan Vietnam. Selain itu, program ini bertujuan untuk menyambung kerjasama dalam bidang ICT antara provinsi Gyeonggi dan Indonesia dan Vietnam. Dan juga, diharapkan adanya kerjasama lebih lanjut dipihak Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Korea Selatan, Indonesia dan Vietnam.

Azam saat ini merupakan co-founder PT Macan Teknologi Asia, startup teknologi informasi di Batam. Perusahaan ini bergerak dalam pengembangan aplikasi dan perangkat lunak khususnya untuk teknologi blockchain dan medical informatics.

Editor: Surya

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit