logo batamtoday
Senin, 18 Februari 2019
Banner PKP


Mengais Rezeki di Destinasi Wisata Negeri Jiran Malaysia
Rabu, 19-12-2018 | 14:53 WIB | Penulis: Syajarul Rusydy
 
Destinasi Wisata Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur Malaysia. (Foto: Syajarul)  

BATAMTODAY.COM, Kuala Lumpur - Kawasan wisata di negeri jiran (Malaysia), banyak dimanfaatkan warga negara Indonesia (WNI) untuk mengais rezeki, dengan berniaga atau berjualan aneka kuliner dan aksesoris.

Seperti di kawasan Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, dan jadi kebanggaan masyarakat Malaysia.

Kunjungan BATAMTODAY.COM di Menara Kembar, Minggu (16/12/2018), tampak banyak fasilitas umum untuk olahraga dan pusat perbelanjaan. Terdapat sebuah taman KLCC dan mall KLCC, seluas 69,000 m2 dilengkapi jalur untuk jogging dan berjalan kaki, kolam air mancur yang dihiasi pertunjukan cahaya ketika malam hari, serta arena bermain anak-anak.

Ribuan orang dari berbagai belahan dunia menikmati panorama di area tower, mulai dari halaman depan hingga ke dalam tower yang terkenal itu.

Kondisi itu dimanfaatkan banyak warga negara Indonesia untuk berniaga, menjual berbagai aksesoris kepada wisatawan. Sepeti halnya Saduri, salah satu pedagang aksesoris lensa fisheye (penambah lensa kamera HP), yang mengaku berasal dari Kalimatan.

"Dari Indo (Indonesia) ya? Saya dari Kalimantan, mau beli ini? Biar fotonya bisa dapat semua," ujar Saduri memperkenalkan diri sembari menawarkan dagangannya kepada BATAMTODAY.COM.

Tidak jauh dari sana, kembali terdengar suara sesorang yang memanggil menawarkan payung karena saat itu memang sedang gerimis. Pria yang menawarkan payung itu juga mengaku orang Indonesia.

Saat di terminal bus dari Kuala Lumpur menuju Johor, di sebuah warung kopi sekitar terminal, pelayannya juga merupakan warga Indonesia. Ia berkerja untuk warga Malaysia keturunan India. (*)

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2019 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit