logo batamtoday
Rabu, 19 Desember 2018


Benarkah Kopi Bisa Atasi Asam Urat?
Kamis, 06-12-2018 | 09:52 WIB | Penulis: Redaksi
 
Ilustrasi.  

BATAMTODAY.COM, Batam - Asam urat atau artritis gout, terjadi akibat terbentuknya kristal asam urat di persendian. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri sendi, yang bisa disertai kemerahan dan bengkak.

Dilansir Klikdokter.com, salah satu asupan yang dipercaya bermanfaat bagi orang dengan asam urat adalah kopi. Benarkah kopi cukup efektif untuk mengobati asam urat?

Sejumlah studi menyatakan, kopi tanpa kafein dapat berperan dalam mengurangi risiko gout. Pada bulan Juni 2007, studi yang dilakukan dalam skala besar berusaha menguji hubungan antara kopi tanpa kafein dengan kadar asam urat.

Hasilnya ditemukan bahwa kopi tanpa kafein berhubungan dengan penurunan kadar asam urat.

Belum jelas mengapa kopi dapat menurunkan risiko asam urat. Para peneliti berspekulasi bahwa sumber antioksidan dan asam fenol klorogenat yang terdapat di dalam kopi mungkin memengaruhi risiko asam urat.

Studi lainnya menemukan bahwa kadar insulin berkaitan erat dengan asam urat. Meminum kopi tanpa kafein dikatakan memengaruhi kadar insulin, dengan meningkatkan sensitivtas dan menghambat penyerapan glukosa. Nah, ketika kadar insulin rendah, maka kadar asam urat juga rendah.

Sementara kopi tanpa kafein membantu mencegah kambuhnya asam urat, kopi berkafein dapat menyebabkan masalah pada penderita asam urat, terutama jika mereka bukan peminum kopi rutin. Studi tahun 2010 menunjukkan, penderita asam urat yang meningkatkan konsumsi minuman berkafein secara tiba-tiba lebih cenderung mengalami serangan gout.

Editor: Gokli

batamtoday13th
 
evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit