logo batamtoday
Jum'at, 16 November 2018
Banner PKP


Pemkab Bintan Inginkan Desa Terapkan Mudes Prakegiatan
Kamis, 12-07-2018 | 19:53 WIB | Penulis: Harjo
 
Bupati Bintan Apri Sujadi saat menghadiri sosialisasi Dana Desa dan TP4D oleh Kejaksaan Negeri Bintan di Hotel Aston, Kota Tanjungpinang, Rabu (11/7/2018). (Ist)  

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Apri Sujadi menginginkan agar di tahun 2018 ini, setiap desa di Kabupaten Bintan mulai menerapkan musyawarah desa (Mude) prakegiatan.

Hal ini dimaksudkan agar semua kegiatan yg sudah disahkan dalam anggaran APBDesa pada tahun 2018 ini, dapat disampaikan kembali kepada seluruh peserta Musdes terkait kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Diharapkan juga agar masyarakat dapat mengetahuinya lebih terperinci di samping publikasi melalui baliho yang telah disampaikan.

"Jadi skemanya sebelum pelaksanaan kegiatan, dilakukan terlebih dahulu Musdes prakegiatan yang dihadiri BPD dan masyarakat. Jadi tekhnis dan pelaksanaan setiap pembangunan desa diketahui oleh masyarakat. Jangan ada lagi laporan masyarakat yang mengatakan tidak mengetahui kegiatan desa," kata Apri Sujadi saat sosialisasi Dana Desa dan TP4D oleh Kejaksaan Negeri Bintan di Hotel Aston, Kota Tanjungpinang, Rabu (11/7/2018).

Selain itu, dirinya menegaskan agar setiap desa dapat melakukan perencanaan pembangunan desa dengan melihat potensi desa. Sehingga setiap kegiatan menurutnya dapat benar-benar dilakukan dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Perlunya sebuah inovasi, di mana proses perencanaan kegiatan desa itu melihat potensi desa. Jadi, orientasinya itu, setiap desa mengoptimalkan potensi desa masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Bintan Sigit Prabowo menyampaikan hendaknya Kepala Desa jangan sungkan dan malu untuk melakukan konsultasi terkait setiap kegiatan yang dilakukan desa.

"Kita siap dan akan mendukung penuh serta memberikan masukan terkait pelaksanaan kegiatan sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika menuturkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan saat ini sudah menyampaikan kepada perangkat desa terkait perencanaan Musdes prakegiatan.

Ia juga mengharapkan agar hal ini mampu memberikan peningkatan kinerja untuk pembangunan desa secara menyeluruh. "Kita sudah sosialisasikan terkait ide Musdes prakegiatan ini, sehingga hal ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang terbaik bagi pembangunan desa," tutupnya.

Editor: Gokli

evitel hotel
Berita lainnya :
 
 

facebook   twitter   rss   google plus
:: Versi Desktop ::
© Copyright 2016 batamtoday.com All Right Reserved
powered by: 2digit